Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Syahrial, S.T

Mengikuti Jejak yang Baik: Memilih Pergaulan yang Bermanfaat

Agama | Monday, 25 Dec 2023, 16:53 WIB
Dokumen Muslim Obsesion

Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina. Yang banyak mencela, yang kian ke mari menghambur fitnah. Yang sangat enggan berbuat baik, yang melampaui batas lagi banyak dosa. Yang kaku kasar, selain dari itu, yang terkenal kejahatannya”. (QS. Al-Qalam/68:10-13)

Ayat Al Qur'an di atas menekankan muslim untuk tidak mengikuti individu yang memiliki sifat-sifat buruk seperti kesombongan, perilaku buruk, dan kecenderungan untuk menyebarkan fitnah. Pesan ini menjadi panduan yang sangat relevan dalam kehidupan kita saat ini, di mana pengaruh dari lingkungan sekitar sangat mempengaruhi kita.

1. Kebijaksanaan dalam Pergaulan

Pemilihan pergaulan yang tepat sangatlah penting. Teman dan lingkungan sosial dapat membentuk nilai-nilai, sikap, dan pemikiran kita. Memilih teman yang memiliki akhlak yang baik, kejujuran, serta semangat untuk berbuat kebaikan akan membantu kita tumbuh menjadi individu yang lebih baik.

2. Bahaya dari Perilaku Negatif

Ayat-ayat dalam Al-Qalam juga menyoroti bahaya pergaulan dengan individu yang memiliki sifat-sifat buruk. Kesombongan, kecenderungan untuk mencela, dan menyebarkan fitnah dapat merusak hubungan sosial serta menciptakan lingkungan yang tidak sehat secara emosional dan spiritual.

3. Menghindari Dampak Negatif

Mengikuti individu yang terlibat dalam perilaku negatif seperti yang disebutkan dalam ayat dapat membawa dampak yang merugikan bagi diri kita sendiri dan masyarakat di sekitar. Ini juga mengingatkan kita untuk selalu berhati-hati dan tidak terjebak dalam lingkaran negatif tersebut.

4. Membangun Lingkungan Positif

Dalam konteks yang lebih luas, ayat-ayat ini mengajarkan untuk membangun lingkungan yang positif. Dengan menjauhi perilaku negatif dan memilih pergaulan yang baik, kita dapat menjadi agen perubahan yang membawa manfaat bagi komunitas kita.

5. Berpengaruh Positif bagi Masyarakat

Memahami pesan yang terkandung dalam kutipan Al-Qalam ini adalah langkah awal menuju masyarakat yang lebih baik. Dengan mengambil peran dalam memperbaiki pergaulan, kita dapat membantu mewujudkan lingkungan yang lebih harmonis dan penuh dengan kasih sayang.

Penutup

Ayat-ayat dalam surat Al-Qalam menegaskan pentingnya memilih pergaulan yang berkualitas daripada sekadar memperbanyak pergaulan. Dengan memilih teman dan lingkungan yang memupuk kebaikan, kita dapat menciptakan dampak positif yang luas dalam kehidupan kita dan orang-orang di sekitar kita.

Semoga kita semua dapat mengambil hikmah dari pesan yang terkandung dalam Al-Qalam dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari kita untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image