Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image raisha agustiani

Pengenalan Auditing dan Mengenal Kantor Akuntan Publik

Bisnis | Saturday, 23 Dec 2023, 16:47 WIB
https://pixabay.com/id/

Auditing merupakan pemeriksaan laporan keuangan yang telah disusun oleh pihak manajemen atau klien yang dilakukan oleh auditor independen.Pemeriksaan laporan keuangan ini guna menilai kewajaran laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan. Hasil pemeriksaan auditor menyatakan pendapat atas kewajaran dalam semua hal yang bersifat material, posisi keuangan dan hasil usaha serta arus kas sesuai standar yang berlaku.Standar Auditing 220.1 (2011) menyebutkan bahwa independen bagi seorang akuntan publik artinya tidak mudah dipengaruhi karena ia
melaksanakan pekerjaannya untuk kepentingan umum. Dengan demikian, auditor tidak dibenarkan memihak kepada kepentingan siapapun, karena bagaimana pun sempurnanya keahlian teknis yang dimilikinya.Auditor akan kehilangan sikap tidak memihak yang justru sangat penting untuk mempertahankan kebebasan pendapatnya.
Jenis jenis Auditing:1.Audit Keuangan merupakan pemeriksaan atas laporan keuangan merupakan evaluasi kewajaran laporan keuangan yang disajikan oleh manajemen secara keseluruhan dibandingkan dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku umum.2.Audit Operasional merupakan pengkajian atas setiap bagian organisasi terhadap prosedur operasi standar dan metode yang diterapkan suatu organisasi dengan tujuan untuk mengevaluasi efisiensi, efektivitas dan ke ekonomisan.Audit operasional dapat menjadi alat manajemen yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Hasil dari audit operasional berupa rekomendasiā€“rekomendasi perbaikan bagi manajemen, sehingga audit jenis ini lebih merupakan konsultasi manajemen.3.Audit Ketaatan merupakan proses kerja yang menentukan apakah pihak yang diaudit sudah mengikuti prosedur, standar dan juga aturan tertentu yang telah ditetapkan oleh pihak yang berwenang. Audit ketaatan biasanya ditugaskan oleh otoritas berwenang yang telah menetapkan prosedur atau peraturan dalam perusahaan, sehingga hasil audit jenis ini tidak untuk dipublikasikan, tetapi untuk intern manajemen.
Kantor Akuntan Publik Profesi akuntan publik menduduki peran yang sangat penting di dalam keakuratan sebuah laporan keuangan perusahaan.Para akuntan publik tergabung di dalam asosiasi profesi akuntan publik yang bersifat nasional.Cara kerja akuntan publik biasanya menyediakan jasa akuntansi, audit dan penjaminan, pembukuan, jasa kredit konsumen dan komersial, perencanaan/saran keuangan, pelaporan keuangan, akuntansi forensik, kebangkrutan dan rekonstruksi perusahaan, akuntansi manajemen, konsultasi manajemen, perpajakan, akuntansi transaksional, dan jasa penilaian.
Layanan perpajakan yang disediakan KAP kepada mitra nya:1.Persiapan pengembalian, pemberitahuan, pernyataan, aplikasi atau dokumen lain untuk diajukan ke otoritas pendapatan dan menanggapi atas nama klien atau pemberi kerja untuk permintaan informasi lebih lanjut dari otoritas pendapatan.2.Persiapan perhitungan pajak untuk digunakan sebagai dasar entri akuntansi dalam laporan keuangan.3.Penyediaan perencanaan pajak dan layanan penasihat pajak lainnya dan membantu klien atau pemberi kerja menyelesaikan sengketa pajak.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright Ā© 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image