Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image dizany nara

Salah Penyampaian Pesan Just Stop Oil Justru Dimusuhi Rakyat Inggris

Eduaksi | Friday, 22 Dec 2023, 18:30 WIB

Just stop oil merupakan kelompok aktivis lingkungan di Britania Raya yang dibuat pada 2022 dan beranggotakan pelajar hingga pakar-pakar ahli.Mereka memiliki tujuan untuk membuat pemerintah Inggris menghentikan kesepakatan mengenai bahan bakar fosil dan Inggris berhenti menggunakan minyak.Namun dibalik hal mulia yang mereka suarakan akhir-akhir ini, banyak masyarakat Inggris yang justru mengkritik,menentang,hingga memusuhi anggotanya karena strategi protes mereka yang terkesan ekstrim dan radikal,sehingga cara mereka protes dianggap tidak beretika dan merugikan masyarakat.

Mereka melakukan protes dengan cara menutupi jalan raya besar,bahkan me-lem diri mereka ke aspal sehingga menghalangi orang dijalan bahkan ambulance sekalipun. Mereka juga mengganggu acara besar seperti kejuaran internasional cricket,kejuaran tenis wimbeldon,drama musikal Les Miserable.Melakukan vandalisme dengan mengotori lukisan Van Gough ,memecahkan kaca pelindung lukisan Rokeby Venus. Hal ini justru menyebabkan konfrontasi hingga tindakan kekerasan pada anggotanya.

Mereka memiliki sikap yang sangat kuat/ekstrim pada pemberhentian minyak sehingga menimbulkan bias bahwa pemberhentian penggunaan minyak ini lebih penting dari kedamaian lingkungan,mereka menjadi susah di kritik mengenai cara mereka yang salah.Karena bagi mereka isu ini sangatlah relevan,dan berdampak langsung pada bumi dan dirinya.

Sebenarnya mereka hanya ingin menyuarakan bahwa isu lingkungan adalah hal penting yang sangat urgen dan ingin mengubah sikap masyarakat terhadap penggunaan minyak,namun mereka melakukan persuasi dengan cara yang salah sehingga terjadi Psychological Reactance dimana terjadi peningkatan resistensi pada persuasi bahkan menghasilkan perubahan sifat yang negatif.Supaya persuasi mereka terhadap masyarakat berjalan lancar dan pesannya tersampaikan,seharusnya mereka memperhatikan factor-faktor yang mempengaruhi persuasi seperti faktor sumber pesan,isi pesan itu sendiri,dan karakteristik audiens. Misalnya dengan membuat para ahli bersuara dan menjelaskan isu,membuat tujuan pesan menjadi hal yang positif,dan menyesuaikan cara penyampaian dengan kerangka berpikir audiens.

Tujuan dari Just Stop Oil memanglah hal yang benar namun karena cara penyampaian dan aksi yang salah mereka justru dimusuhi oleh masyarakat.Dari hal ini kita dapat belajar bahwa dalam kehidupan sehari-hari kita harus bisa mempersuasi orang dengan cara yang tepat tanpa mengganggu pihak lain dengan memperhatikan faktor yang mempengaruhi,sehingga persuasi terjadi dengan sukses dan pesannya tersampaikan dengan baik.

  • #
  • #
  • Disclaimer

    Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

    Berita Terkait

     

    Tulisan Terpilih


    Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

    × Image