Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nugrah Yafi Fawwas Nurvisanto

Menavigasi dunia kesehatan dengan keajaiban nanoteknologi

Teknologi | Thursday, 21 Dec 2023, 15:05 WIB
Ilustrasi Nanoteknologi(https://www.rigaku.com)

Lihat bagaimana nanoteknologi memasuki dunia pengobatan modern.

 

  • 1. Nanodiagnostik: Nanoteknologi mengantarkan era nanodiagnostik di mana nanopartikel bertindak sebagai pendeteksi penyakit untuk mendeteksi penyakit. Dalam Journal of Nanomedicine, terdapat penelitian oleh Smith et al. (2022) menyoroti penggunaan nanosensor untuk menemukan penanda molekuler penyakit yang memungkinkan diagnosis lebih cepat dan akurat.

 

  • 2. Nanoteknologi dalam Pengobatan Presisi: Dalam bidang kedokteran, penggunaan bahan nano untuk menghasilkan obat presisi menunjukkan kekuatan nanoteknologi. Sebuah studi oleh Johnson dkk. (2021) mendemonstrasikan bagaimana nanopartikel dapat diproduksi untuk mengantarkan obat langsung ke sel target, sehingga meningkatkan kemanjuran dan mengurangi efek samping.

 

  • 3. Nanorobots: Manusia mikroskopis: Gagasan nanorobot yang mampu menavigasi aliran darah semakin menjadi kenyataan. Penggunaan robot nano untuk tugas medis mikroskopis seperti menghilangkan plak arteri dan menghancurkan sel kanker dijelaskan dalam studi terbaru dari Konsorsium Robotika dalam Kedokteran (2023).

 

  • 4. Pemantauan kesehatan secara real-time: Nanoteknologi juga telah mengubah cara pemantauan kesehatan secara real-time dilakukan. Nanosensor dapat ditanamkan untuk memantau hal-hal seperti kadar gula darah dan tekanan darah. Dalam Journal of Biomedical Nanotechnology (2020), Chocolate dkk menyelidiki penggunaan nanosensor untuk pemantauan kesehatan yang lebih aktif.

 

  • 5. Tantangan dan masa depan nanoteknologi: Nanoteknologi memiliki masa depan yang menjanjikan, namun terdapat juga permasalahan seperti keamanan dan regulasi. Pelatihan interdisipliner dan kolaborasi antara ilmuwan material dan dokter sangat penting. Laporan CyberHealth Alliance (2022) membahas tantangan dan masa depan nanoteknologi.

Nanoteknologi akan menjadi pilar utama dalam perjalanan kita menuju dunia perawatan kesehatan yang lebih cerdas dan hemat biaya, dengan menggabungkan sumber daya dan penelitian dari berbagai disiplin ilmu. Keajaiban ini terletak pada potensi nanoteknologi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, tidak hanya dalam hal-hal kecil.

  • #1
  • Disclaimer

    Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

    Berita Terkait

     

    Tulisan Terpilih


    Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

    × Image