Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Marcel

Pelajarilah Pengertian Deepfake dan Dampak Negatifnya

Teknologi | Wednesday, 20 Dec 2023, 12:45 WIB

"Saat ini kita tidak bisa melepaskan diri dari teknologi. Teknologi itu sendiri telah menjadi teman kita sendiri". Siapa yang tidak bergantung pada teknologi saat ini? Seiring dengan semakin cepatnya kemajuan teknologi, pengguna media sosial menghadapi tantangan fenomena deepfake. Deepfake dapat membuat video dan gambar yang sulit dibedakan dengan aslinya.

Apa sih yang dimaksud dengan deepfake?

Deepfake adalah singkatan dari "deep learning" dan "fake". Menurut TechTarget, deepfake adalah jenis kecerdasan buatan (AI) yang digunakan untuk membuat konten foto, audio, dan video palsu yang sangat meyakinkan. Deepfake sering kali mengubah konten sumber yang sudah ada dengan mengganti satu orang dengan orang lain. Deepfake juga membuat konten original yang menunjukkan sesuatu yang sebenarnya tidak dilakukan atau dikatakan seseorang.

Dampak negatif deepfake

Dibawah ini ada beberapa dampak negatif dari penggunaan deepfake.

1. Penipuan Identitas

Salah satu bahaya utama deepfake adalah kemampuannya memalsukan identitas seseorang. Membuat video atau audio yang terlihat atau terdengar autentik saja dapat dengan cepat menjadikan Anda korban pencemaran nama baik atau disinformasi.

2. Pencemaran nama baik karakter

Ketika deepfake digunakan untuk membuat konten yang merusak reputasi individu, baik pada tingkat pribadi atau profesional. Hal tersebut dapat menimbulkan konsekuensi psikologis dan sosial yang serius. Pencemaran nama baik dapat merusak hubungan dan menghancurkan karier seseorang.

3. Menyebarkan Informasi Palsu

Deepfake juga dapat diggunakan untuk Menyebarkan menyebarkan informasi palsu. Pelaku dapat memanipulasi opini publik dan menyebabkan ketidakstabilan politik dengan membuat video dan rekaman palsu mengenai tokoh masyarakat dan pejabat pemerintah.

4. Kejahatan Seksual dan Cyberbullying Penggunaan deepfake

sehubungan dengan kejahatan seksual menjadi masalah yang semakin serius. Video deepfake yang memanipulasi gambar tubuh seseorang dapat digunakan untuk memeras atau merusak reputasi korbannya. Selain itu, deepfake juga bisa menjadi alat cyberbullying dengan membuat konten yang merendahkan dan melukai jiwa seseorang.

Daftar Pustaka:

Nick Barney. 2023. Definition Deepfake AI (deep fake). Techtarget.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image