Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Rifki ramadani Ramadani

Ingin Peihara Burung Kicau di Rumah? Ini Jenis Burung yang Suaranya Merdu dan Gampang Dirawat

Info Terkini | Wednesday, 20 Dec 2023, 01:21 WIB

Ada beberapa jenis burung yang memiliki suara merdu dan perawatannya mudah. Nah buat kamu yang tertarik ingin memeliharan burung kicau, yuk simak artikel jenis burung yang suaranya merdu dan gampang dirawat.

Hewan peliharaan, termasuk burung, banyak digemari dari berbagai kalangan mulai dari anak anak sampai dewasa. Sebenarnya burung merupakan pilihan hewan peliharaan yang cukup banyak dipilih untuk dijadikan hewan peliharaan karena keindahan bulu, suara yang merdu dan tingkah laku yang unik.

Namun, tidak semua jenis burung cocok untuk dipelihara oleh semua orang, karena setiap jenis burung perawatanya berbeda, terutama buat kamu yang termasuk pemula dan baru memulai untuk memiliki burung kicau. Dalam artikel inim saya akan membahas beberapa jenis burung yang suaranya merdu dan gampang dipelihara.

1. Lovebird

https://www.faunafella.com/lovebird-kacamata-fischer/" />
Foto burung lovebird: https://www.faunafella.com/lovebird-kacamata-fischer/

Burung ini sangat cocok dipelihara bagi anda yang benar-benar pemula dalam memelihara burung karena perawatannya sangat simpel dan memiliki suara seperti ketawa yang disebut ngekek.

Perawatan burung ini juga cukup simpel cukup diberikan bijian seperti milet,jewawut,kuaci dan extra food seperti jagung dan kangkung.

Selain bentuk yang lucu dan perawatan yang mudah burung ini juga mudah untuk dijinakan sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin memelihara burung jinak di rumah.

2. Parkit

Foto burung parkithttps://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fharga.web

Burung ini karakteristiknya hampir sama dengan Lovebird pemakan bijian dan mudah untuk dijinakan, yang membedakan burung ini dari lovebird adalah bentuk kepala yang lebih kecil dan bentuk ekor yang panjang serta memiliki warna biru pada hidung jika parkit itu jantan.

Karakteristik suara burung ini adalah menyiul bahkan burung ini juga bisa menirukan suara manusia, burung ini juga termasuk burung yang cerdas dan bisa dilatih untuk free fly.

3. Jalak Suren

Foto jalak suren

https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.tokopedia.com%2Fipankbettafish%2Fburung-jalak-suren-gacor-dor-sudah-ngompa-isian-banyak-jinak

Jika anda ingin memelihara burung kicau dengan bentuk yang gagah dan suara yang keras dan lantang, jalak suren adalah pilihan terbaik karena burung ini tak hanya memiliki suara yang kencang namun memiliki variasi yang banyak dan cenderung bisa menirukan suara burung lain.

Hal yang paling menarik dari kicauan burung ini adalah “Ngompa” yaitu gestur burung ini ketika berkicau seperti menggebungkan badannya.

Untuk perawatan sangat mudah cukup diberikan voer burung dan beberapa extra food seperti jangkrik,ulat dan pisang, namun jika anda memelihara burung ini harus rajin membersihkan sangkarnya pasalnya burung ini memiliki kotoran yang cukup banyak.

4. Kenari

Foto burung kenari https://trikmerawat.com/author/josuarifandy24

Burung ini digemari oleh semua kalangan baik anak-anak sampai dewasa, selain warnanya yang menarik kicauan burung ini sangat bervariasi dan merdu, burung ini juga bisa menirukan suara burung lain sehingga burung ini bisa dilatih dengan suara burung lain.

Perawatan burung ini juga sangat mudah, pakan utama burung ini adalah canary seed dan beberapa extra food lain seperti telur rebus,jagung.pakcoy dll

Namun yang perlu diingat saat memelihara burung ini adalah burung ini kurang tahan terhadap udara dingin sehingga harus dijemur ketika pagi hari dan malam hari pastikan suhu ruangan hangat.

5. Pleci

Foto burung pleci https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fplus.kapanlagi.com%2F10-jenis-burung-pleci-di-indonesia-kenali-ciri-fisiknya

Selain bentuknya yang menggemaskan burung ini juga memiliki suara yang sangat merdu yang disebut ngecal dan ngalas, dan perawatannya pun sangat mudah cukup diberikan voer halus dan beberapa extra ood buah seperti pisang,jeruk,pepaya dan extra food serangga seperti ulat dan kroto.

6. Trucuk

Foto burung trucuk https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fm.youtube.com%2Fwatch%3Fv%3DQhCCSAvkqic&psig

Burung ini memiliki kenikan yaitu ciri khas suaranya yang disebur “Ngeropel” yang sangat merdu keunikan lainnya dari burung ini adalah gaya berkicaunya yang disebut “Nggaruda” yakni ketika berkicau gestur badannya seperti garuda.

Perawatan burung ini juga cukup simpel cukup berikan voer burung dan beberapa extra food seperti pisang dan jangkrik.

Nah itu tadi beberapa rekomendasi jenis burung kicau yang suaranya merdu dan perawatannya mudah, Semoga dengan membaca artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda yang ingin menjadikan burung kicauan sebagai hewan peliharaan di rumah.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image