Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Naszril Irham

Teknik Sipil Ngapain Aja Sih??

Eduaksi | Wednesday, 20 Dec 2023, 01:18 WIB
PENGUKURAN

Teknik sipil adalah ilmu yang mempelajari tentang ilmu konstruksi bangunan, jadi di teknik sipil kita belajar tentang menghitung bangunan, merencanakan bangunan, dan bagaimana cara merawat bangunan. Di teknik sipil kita juga belajar bagaimana bangunan tidak roboh, tahan gempa, tahan angin, dan tahan ketika diberi beban yang berat.

Bedanya teknik sipil dengan arsitektur

Arsitektur yang mendesain tentang keindahan sebuah bangunan, sedangkan teknik sipil yang hitung kekuatan dari sebuah bangunan. Jadi ketika arsitektur sudah membuat gambar, teknik sipil yang hitung untuk kekuatan dari sebuah bangunan tersebut.

Di teknik sipil belajar apa saja sih

Di teknik sipil terbagi menjadi 5 cabang. Ada struktur, hidrologi, transportasi, geoteknik, manajemen konstruksi.

1. Struktur

Di struktur ini kita mendalami apa itu struktur, karena struktur bagian paling penting dari sebuah bangunan, dan kita juga mempelajari material – material apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sebuah bangunan.

2. Geoteknik

Ilmu yang mempelajari tentang tanah, kenapa kita harus belajar tentang tanah di teknik sipil, karena semua bangunan yang ada di daratan nantinya akan berdiri di atas tanah. Di geoteknik kita belajar bagaimana caranya membuat fondasi, baik fondasi dalam maupun fondasi dangkal.

3. Hidrologi

Ilmu yang mempelajari tentang keairan, di teknik sipil kita juga belajar tentang bangunan yang ada di air, misalnya waduk, bendungan. Di hidrologi juga belajar tentang menghitung curah hujan di suatu daerah, kita juga menghitung debit sungai,

4. Transportasi

Ilmu yang mempelajari sistem transportasi yang ada di sekitar kita, mendesain jalan, merancang jalan. Transportasi juga belajar tentang kereta api, yaitu mempelajari bagian dari rel, dan struktur rel. Dan mempelajari tentang bandara

5. Manajemen konstruksi

Ilmu yang mempelajari tentang bagaimana cara mengatur biaya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah konstruksi, berapa pekerja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah konstruksi, berapa lama waktu yang dibutuhkan, tentang perizinin, dan mempelajari tentang K3 dari sebuah proyek.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image