Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Regina Suci

Ingin Beasiswa? Ini Dia Strategi dan Tips Sukses yang Bisa Kamu Terapkan Loh!

Eduaksi | Tuesday, 19 Dec 2023, 23:27 WIB

Memperoleh beasiswa tentunya merupakan Impian setiap seseorang yang ingin melanjutkan studi di jenjang berikutnya kan? Tidak hanya itu, beasiswa juga merupakan salah satu cara yang efektif untuk mendukung pendidikan dan menwujudkan Impian kita loh. Namun kenyataannya, mendapatkan beasiswa tentu tidak semudah dibayangkan, banyak tantangan yang harus dihadapi mulai dari persaingan yang ketat hingga jumlah peminat yang banyak. Tetapi kalian tidak perlu khawatir, dalam artikel ini akan disajikan beberapa strategi dan tips meraih beasiswa yang perlu diterapkan untuk kalian para pejuang beasiswa. Yuk kita bahas bersama!

Sumber: https://pxhere.com/id/photo/1587825

1. Mencari dan Meneliti Berbagai Informasi Beasiswa

Dalam mencari informasi mengenai peluang beasiswa carilah sebanyak-banyaknya. Tetapi, kita harus bisa memilah-milah mulai dari prosedur, persyaratan, dan seluk beluk lainnya dari setiap beasiswa, karena setiap beasiswa memiliki ketentuannya masing-masing, hal ini diungkapkan oleh Deni Purbowati dalam (akupintar, 2020).

Kalian bisa mendapatkan informasi beasiswa yang valid melalui beberapa tempat, misalnya melalui akun LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan), lalu melalui program CRS (Corporate Social Responsibility), kemudian melalui akun PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia), dan lain sebagainya. Dengan melakukan penelitian atau riset di berbagai sumber yang tersedia secara menyeluruh akan lebih mudah menemukan beasiswa yang sesuai dengan tujuan dan kriteria yang kalian miliki.

2. Fokus Pada Prestasi Non-akademik

Mungkin kalian sering menganggap bahwa beasiswa merupakan sebuah penghargaan yang hanya diberikan kepada mereka yang memiliki prestasi akademik saja. Namun, melalui prestasi non-akademik, kita juga dapat memperoleh kesempatan untuk mendapatkan beasiswa melalui bakat dan keterampilan dalam berbagai bidang seperti perlombaan olahraga, seni, dan lain sebagainya, sehingga meskipun prestasi yang diraih adalah prestasi non-akademik tetapi memiliki hak yang sama dalam mendapatkan Pendidikan yang layak dan pengakuan atas prestasi yang dimiliki.

Hal ini sesuai dengan apa yang diungkapkan Anugrah Putri dalam (danacita, 30 Juni 2023) bahwa ketika kamu berhasil memenangkan perlombaan, hal ini memberikan bukti konkret tentang prestasi yang telah dicapai, kreativitas, kemampuan problem-solving, dan kemampuan bekerja secara tim.

3. Mempersiapkan Wawancara

Dalam proses seleksi, beberapa beasiswa perlu melakukan wawancara. Hal ini tentu dilakukan untuk mengetahui seberapa layak seseorang menerima beasiswa tersebut. Maka, perlu dipersiapkan secara matang seperti memikirkan pertanyaan yang akan ditanyakan, lalu berlatihlah berbicara dengan baik dan benar, dan saat wawancara sedang berlangsung tetap fokus dan tunjukkan kepercayaan diri.

Menurut Anugrah Putri dalam (danacita, 30 Juni 2023) dengan melakukan persiapan yang matang, dapat memberikan kesan positif dan meningkatkan peluangmu untuk meraih beasiswa yang diinginkan. Dengan demikian, mempersiapkan wawancara merupakan salah satu proses penting dalam kalian meraih beasiswa.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa meraih beasiswa memerlukan strategi dan persiapan yang matang. Dalam hal ini, kalian dapat mulai dari melakukan penelitian semua informasi tentang beasiswa, meningkatkan prestasi non-akademik, dan mempersiapkan diri untuk melakukan wawancara. Diharapkan melalui artikel ini dapat memotivasi kalian para pejuang beasiswa untuk terus semangat dan pantang menyerah menggapai impian kalian.

Regina Suci Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image