Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Damarjati Tirta Prananda

Lulus Tepat Waktu: 5 Tips Supaya Tidak Mengulang Mata Kuliah

Eduaksi | Tuesday, 19 Dec 2023, 01:55 WIB
Sumber Foto : https://unsplash.com/@priscilladupreez

Mengulang mata kuliah tentunya sangat dihindari oleh mahasiswa, sudah dipastikan bahwa tidak lulusnya mata kuliah maka sudah dipastikan tidak dapat lulus tepat waktu. Nah, maka dari itu kita memerlukan sebuah strategi untuk menghindari hal tersebut. Berikut 5 tips supaya kamu tidak mengulang mata kuliah!

1. Perhatikan Manajemen Waktu

Banyak dari kita terkadang suka menyepelekan tugas dan lebih memilih untuk bermalas-malasan, sehingga menyebabkan tugas menjadi numpuk. Alhasil dengan waktu pengumpulan tugas yang mepet, mau tidak mau kita harus mengerjakan nya dengan terburu-buru. Tentunya hasil yang didapat tidak maksimal, sehingga dapat menyebabkan pendapatan nilai yang jauh dibawah KKM.

3. Kehadiran

Meski terlihat sepele, teryata kehadiran menjadi faktor besar dalam nilai mahasiswa lho. Dan juga kehadiran disyaratkan juga untuk mengikuti ujian seperti UTS/UAS. Tentu ini sangat fatal bila mahasiswa tidak mengikuti ujian, dan sudah dipastikan bahwa kamu tidak akan lulus mata kuliah.

4. Ambil Jumlah Mata Kuliah Secukupnya

Sesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki, karena semakin banyak mata kuliah yang kamu ambil maka semakin banyak materi dan tugas yang harus dituntaskan.

5. Maksimalkan Tahun Pertama Kuliah

Masa transisi dari bangku SMA ke bangku kuliah tentunya sangatlah berbeda. Banyak hal-hal baru dikehidupan kuliah, maka dari itu lakukan lah semua kegiatan, baik itu seperti tugas, materi, dan kehadiran. Dilakukan secara maksimal agar mendapatkan hasil yang baik.

Dengan demikian pembahasan saya mengenai 5 tips supaya kamu tidak mengulang mata kuliah. Semoga tips ini dapat membantu teman-teman mahasiswa untuk menjalani kehidupan kuliah yang efektif.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image