Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Habib Rozan Muttawakil

Berantas KKN: Langkah Awal Menuju Indonesia Emas 2045

Politik | Saturday, 09 Dec 2023, 22:19 WIB
Photo of People Standing Near Water Fountain · Free Stock Photo (pexels.com)" />
ilustrasi : langkah awal menuju Indonesia emas 2045.

Indonesia memiliki cita-cita untuk menjadi negara maju pada tahun 2045. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Indonesia perlu mengatasi berbagai tantangan, salah satunya adalah korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

KKN merupakan salah satu penyakit kronis yang telah lama menggerogoti sendi-sendi pemerintahan dan perekonomian Indonesia. KKN dapat menghambat pembangunan, mengikis kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, dan menurunkan daya saing Indonesia di dunia internasional.

Oleh karena itu, pemberantasan KKN merupakan langkah awal yang penting untuk mewujudkan Indonesia emas 2045. Jika KKN dapat diberantas, maka Indonesia akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mencapai tujuannya menjadi negara maju.

“Itu semua akan menjadi tidak mudah kalau pemerintahannya tidak bersih, kalau pemerintah hanya korupsi, kolusi, dan nepotis.” Ucap Ganjar dalam sambutan di depan Komunitas Progresif di Jakarta Selatan.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memberantas KKN, antara lain:

Memperkuat peraturan dan penegakan hukum

Pemerintah perlu memperkuat peraturan dan penegakan hukum antikorupsi. Peraturan yang tegas dan penegakan hukum yang konsisten akan memberikan efek jera bagi para pelaku KKN.

Meningkatkan kesadaran masyarakat

Masyarakat juga perlu ditingkatkan kesadarannya akan bahaya KKN. Masyarakat perlu didorong untuk berperan aktif dalam pemberantasan KKN, misalnya dengan melaporkan kasus-kasus KKN kepada aparat penegak hukum.

Membangun budaya antikorupsi

Pemerintah dan masyarakat perlu bersama-sama membangun budaya antikorupsi. Budaya antikorupsi dapat dibangun melalui pendidikan, sosialisasi, dan keteladanan.

Jika semua pihak dapat bekerja sama untuk memberantas KKN, maka Indonesia akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menjadi negara maju pada tahun 2045.

Berikut adalah beberapa contoh nyata yang dapat dilakukan untuk memberantas KKN:

1. Pemerintah dapat memberikan sanksi yang tegas kepada para pelaku KKN, termasuk hukuman penjara dan denda yang besar.

2. Masyarakat dapat melaporkan kasus-kasus KKN kepada aparat penegak hukum tanpa takut akan diancam.

3. Pemerintah dan masyarakat dapat bersama-sama meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara.

Dengan kerja keras dan komitmen dari semua pihak, maka Indonesia dapat mewujudkan cita-citanya menjadi negara maju yang bebas dari KKN.

Penulis: Habib Rozan Muttawakil, mahasiswa Bimbingan Konseling Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image