Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Munif Muzayyin

Refleksi Kebangkitan Santri Dalam Meningkatkan Peran Sosial Dan Kemanusiaan Di Era Society 5.0

Agama | Saturday, 02 Dec 2023, 15:19 WIB
Dokumen Pribadi Kegiatan Santri Darul 'Ulum Rejoso Peterongan Jombang


Santri tidak hanya sebagai pewaris tradisi keagamaan, tetapi juga agen perubahan yang berkontribusi pada pembangunan sosial dan kemanusiaan dengan memanfaatkan teknologi dan nilai-nilai keislaman.Mereka dapat menjadi jembatan antara nilai-nilai keagamaan dan perkembangan teknologi di Era Society 5.0, menciptakan inovasi yang berkelanjutan. Melalui pendidikan yang holistik, santri dapat mengembangkan kemampuan teknologi dan kepekaan sosial, menjadikan mereka agen positif untuk membangun masyarakat yang inklusif dan berkeadilan. Dengan semangat kebersamaan dan penguatan karakter, peran santri dapat menjadi pilar utama dalam mencapai visi kemanusiaan di era teknologi yang semakin maju.Dalam konteks ini, santri dapat berperan sebagai perekat sosial, menggalang kolaborasi lintas sektor untuk menanggapi tantangan kemanusiaan, seperti ketidaksetaraan, kemiskinan, dan krisis lingkungan. Dengan memadukan nilai-nilai keagamaan dengan pemahaman teknologi, mereka dapat menciptakan solusi inovatif untuk masalah-masalah kompleks.
Pentingnya pembekalan santri dengan literasi digital dan keterampilan 4.0 juga menciptakan peluang untuk mereka terlibat dalam ekonomi digital dan proyek-proyek berbasis teknologi yang dapat memberikan dampak positif pada masyarakat. Sebagai agen perubahan, santri dapat menginspirasi generasi muda untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan dan menciptakan perubahan positif di masyarakat.
Selain itu, kebangkitan santri dalam meningkatkan peran sosial dan kemanusiaan di Era Society 5.0 mencerminkan adaptabilitas mereka terhadap dinamika zaman. Dengan tetap memegang teguh nilai-nilai agama, santri juga mampu berinovasi dan berkontribusi dalam ranah teknologi yang terus berkembang.
Pentingnya pendekatan inklusif dan dialog antarbudaya yang diajarkan kepada santri dapat memperkuat harmoni sosial di tengah masyarakat yang multikultural. Dengan demikian, refleksi ini menunjukkan bahwa santri memiliki potensi besar untuk membentuk masa depan yang lebih baik, memadukan warisan keagamaan dengan tuntutan zaman modern demi kesejahteraan bersama.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image