Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alyssa Azzahra Julia Arifin

Tanda Orang Cemburu Kepadamu, Yuk Simak!

Curhat | Saturday, 02 Dec 2023, 04:43 WIB

Berada di lingkungan baru akan menimbulkan rasa asing di dalam dirimu. Kamu harus memulai membangun hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitarmu. Pada umumnya, orang baru akan memulai atau membuka percakapan terlebih dahulu untuk membuat citra dirinya bagus di depan orang-orang sekitar. Membuka jalur komunikasi pertama akan membuat kesan dirimu ramah di hadapan banyak orang. Saat kamu mencoba untuk membuka komunikasi dengan orang-orang baru di sekitarmu mereka akan menunjukkan ekspresi yang bermacam macam. Akan ada yang terlihat sangat terbuka kepadamu, atau bahkan secara terang-terang memberikan ekspresi yang sangat tidak menyukai kehadiranmu.

https://www.idntimes.com/life/career/deny-hung/sering-merasa-canggung-ini-7-tips-ampuh-kenalan-dengan-orang-baru-c1c2" />
Ilustrasi gambar, sumber: https://www.idntimes.com/life/career/deny-hung/sering-merasa-canggung-ini-7-tips-ampuh-kenalan-dengan-orang-baru-c1c2

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak akan luput dari orang-orang di sekitarnya. Dalam kehidupan bermasyarakat dan bersosialisasi tidak mudah bagi kita untuk selalu menemukan orang yang dapat menerima kita dengan baik. Terkadang kita juga kesulitan untuk membedakan orang yang tidak mau menerima kita bahkan hingga cemburu pada kehidupan kita. Terjadinya cemburu tidak muncul begitu saja, melainkan melalui sebuah proses. Walaupun sering sekali baru terlihat dari reaksi yang muncul, cemburu sebenarnya melalui sejumlah tahap (Yulianto,2010). Pada umumnya cemburu atau iri hati diawali dengan munculnya rasa terancam yang dirasakan orang yang cemburu terhadap hidupmu saat kamu berada di dekatnya. Ada beberapa alasan kenapa orang lain cemburu terhadap dirimu, loh!

TANDA ORANG LAIN CEMBURU PADA DIRIMU 

1.Memilki sesuatu yang orang itu tidak miliki

Orang yang cemburu terhadap hidup kita bisa jadi ia tidak suka kita memiliki sesuatu yang ia tidak miliki. Saat kita memiliki kehidupan yang bahagia, berkecukupan, dan hidup dalam kemewahan orang yang tidak menyukai kita akan merasa terancam dan juga rasa tersaingi. Akibatnya, orang yang merasa cemburu itu berusaha mencari cara untuk bersaing dengan orang yang cukup ( Puspitasari,2022). Akibatnya, ia akan melakukan berbagai macam cara agar terlihat sama dengan kamu.

2.Meniru dirimu

https://www.idntimes.com/korea/kdrama/kathrin-1/artis-wanita-dengan-pakaian-yang-sama-c1c2" />
Contoh perilaku, sumber: https://www.idntimes.com/korea/kdrama/kathrin-1/artis-wanita-dengan-pakaian-yang-sama-c1c2

Rasa terancam dan takut di singkiran akan muncul pada orang yang menaruh rasa cemburu terhadap kita. Mengikuti gaya atau sesuatu yang ada pada diri kita kan menimbulkan rasa ‘sejajar’ pada orang itu. Saat kita menggunakan sesuatu, ia juga kan mengenakannya. Saat kita pergi ke sebuah tempat, ia juga kan pergi kesana. Jika dia tidak melakukan hal yang sama seperti dirimu, dia kan merasa tertinggal.

3.Meremehkan Kesuksesanmu

Saat orang merasa bahwa dirinya berada lebih rendah dari pada dirimu, ia tidak akan menampilkan itu secara nyata. Namun, dengan cara meremehkan kesuksesan atau prestasimu. Dia akan mengatakan mudah untuk melakukan kesuksesan yang telah kamu raih. Sebetulnya, dia hanya malu untuk memujimu, loh!

4.Memberikan Pujian Palsu

Berpura pura baik di depan merupakan hal yang dapat dilakukan oleh orang memiliki rasa cemburu pada hidup kamu. Mereka akan dengan sengaja memuji penampilanmu di depan banyak orang, namun pada akhir kalimat mereka akan melontarkan sindiran yang tersirat dengan nada yang dibuat buat semanis mungkin. Dengan cara ini ia tidak akan terlihat begitu menonjol untuk melontarkan hinaan secara halus.

Menurut Haidatun Nisa & Raudatussyifa pada tahun 2023 Pola rasa cemburu seringkali berasal dari takut yang berkombinasi dengan rasa marah. Cemburu merupakan perasaan yang wajar atau normal di rasakan oleh makhluk hidup. Selagi kita dapat mengkontrol dan mengendalikan rasa cemburu itu. Dengan pengalihan rasa cemburu dengan hal yang positif, seperti saat kamu cemburu melihat prestasi temanmu yang bagus di sekolah, kamu bisa menjadikan itu sebagai penyemangatmu dan juga dorongan untuk kamu terus berprestasi. Tetapi, kamu harus ingat untuk selalu menggunakan cara yang tidak merugakan orang lain atau dengan kata lain dengan cara yang sehat.

Daftar Pustaka

Yulianto, A. (2010). Proses cemburu dalam hubungan percintaan [jealousy proccess in intimate relationship]. Metamorfosis: Buletin Ilmiah Psikologi, 4(18), 14–19.

Haidatun Nisa, & Raudatussyifa. (2023). Konstruk perubahan perilaku emosional anak usia dini menurut pendidikan agama islam. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(4), 817–839.

Ni Luh Sri Puspitasari. (2022). Nilai-nilai pendidikan dalam tradisi metatah memasuki masa remaja dalam masyarakat Bali di Desa Minti Makmur Kecamatan Rio Pakava. PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1).

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image