Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image asiatil mardiah

Sering Mengamalkan 3 Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah? Ini Dia Keutamaaannya

Agama | Wednesday, 29 Nov 2023, 10:22 WIB
https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.dream.co.id%2Fdinar%2Fdaftar-114-surat-al-quran-lengkap-dengan-fungsinya-bagi-umat-manusia-201203k.html&psig=AOvVaw2iIs4o2YQxoofOaslomMH5&ust=1701312867746000&source=images&cd=vfe&opi=89978449&ved=0CBEQjRxqFwoTCKiDhOrj6YIDFQAAAAAdAAAAABAE

Surat al Baqarah merupakan surat kedua yang diturunkan di dalam Al-Qur’an. Surat al Baqarah merupakan surat terpanjang dalam Al-Qur’an, yaitu berjumlah 286 ayat dan diturunkan di kota Madinah. Surat Al-Baqarah merupakan puncaknya Al-Qur’an sebagaimana yang disebutkan dalam hadis.

Dari Maqal Ibnu Yasar, Rasulullah Saw. bersabda, “bahwa surat Al-Baqarah merupakan puncak Al-Qur’an yang diturunkan bersamaan dengan turunnya delapan puluh malaikat setiap ayatnya. Dikeluarkan dari Arasy firman-Nya, ‘Allah, tidak ada tuhan melainkan Dia yang hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya).’ (QS.Al-Baqarah:255); kemudian disambungkan dengannya yakni surat Al-Baqarah” (HR. Imam Ahmad).

Surat Al-Baqarah tentunya mengandung banyak pelajaran dan keutamaannya untuk kehidupan manusia. Sebelum mengetahui keutamaanya, berikut bunyi 3 ayat terakhir surat Al-Baqarah beserta artinya:

Surat Al-Baqarah ayat 284:

لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِ ۗ وَاِنْ تُبْدُوْا مَا فِيْٓ اَنْفُسِكُمْ اَوْ تُخْفُوْهُ يُحَاسِبْكُمْ بِهِ اللّٰهُ ۗ فَيَغْفِرُ لِمَنْ يَّشَاۤءُ وَيُعَذِّبُ مَنْ يَّشَاۤءُ ۗ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ“Milik Allahlah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Jika kamu menyatakan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikannya, niscaya Allah memperhitungkannya bagimu. Dia mengampuni siapa saja yang Dia kehendaki dan mengazab siapa pun yang Dia kehendaki. Allah Maha kuasa atas segala sesuatu.”

Surat Al-Baqarah ayat 285:

اٰمَنَ الرَّسُوْلُ بِمَآ اُنْزِلَ اِلَيْهِ مِنْ رَّبِّهٖ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖۗ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ اَحَدٍ مِّنْ رُّسُلِهٖ ۗ وَقَالُوْا سَمِعْنَا وَاَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

“Rasul (Muhammad) beriman pada apa (Al-Qur’an) yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang mukmin. Masing-masing beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab kitab-Nya, dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata,) “Kami tidak membeda-bedakan seorangpun dari rasul-rasul-Nya.” Mereka juga berkata, “Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami, wahai Tuhan kami. Hanya pada-Mu tempat (kami) kembali.”

Surat Al-Baqarah ayat 286:

لَا يُكَلِّفُ اللّٰهُ نَفْسًا اِلَّا وُسْعَهَا ۗ لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ ۗ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَآ اِنْ نَّسِيْنَآ اَوْ اَخْطَأْنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَآ اِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهٗ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِنَا ۚ رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهٖۚ وَاعْفُ عَنَّاۗ وَاغْفِرْ لَنَاۗ وَارْحَمْنَا ۗ اَنْتَ مَوْلٰىنَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكٰفِرِيْنَ

“Allah tidak membebani seseorang, kecuali menurut kesanggupannya. Baginya ada sesuatu (pahala) dari (kebajikan) yang diusahakannya dan terhadapnya ada (pula) sesuatu (siksa) atas (kejahatan) yang diperbuatnya. (Mereka berdoa,) “Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami salah. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami. Maka, tolonglah kami dalam menghadapi kaum kafir."

Keutaman Membaca Tiga Ayat Terakhir Surat Al-Baqarah

1. Dilindungi Dari Gangguan Setan Dan Kesesatan

Dalam buku Tafsir Ibnu Katsir Jilid I karya Dr. ‘Abdullah bin Muhammad bin ‘Abdurrahman, Imam Ahmad, Muslim, At-Tirmidzi, an An-Nasai meriwatkan dari ‘Suhail bin Shalih, dari ayahnya , dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah Saw. bersabda :

لَا تَجْعَلُوا بُيُوتِكُمْ قُبُوْرًا فَإِنَّ الْبَيْتَ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُوْرَةُ الْبَقَرَةِ لَا يَدْخُلُهُ الشَّيْطَانُArtinya: "Janganlah kalian menjadikan rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya rumah yang di dalamnya dibacakan surat Al-Baqarah tidak akan dimasuki syaitan." (HR At-Tirmidzi).

Selain itu, Ibnu Hibban dan yang lainnya meriwayatkan dari hadis Sahal bin Sa’ad, “Sesungguhnya segala sesuatu itu memiliki punuk (puncak). Dan punuk Al-Qur’an adalah surat Al-Baqarah. Barangsiapa membaca surat Al-Baqarah di rumahnya pada siang hari, maka setan tidak akan memasuki rumah tersebut selama tiga hari. Dan barangsiapa membacanya di rumahnya pada malam hari, maka setan tidak memasukinya selama tiga malam.”

2. Dibukanya Pintu Langit

Dalam buku Syarah Riyadhus shalihin 2 karya Imam An-Nawawi, sudah disebutkan dalam Al-Qur’an bahwa pintu langit yang terbuka dapat membawa seseorang untuk melihat keindahan ciptaan Allah Swt. Sudah pasti yang dapat melihat adalah orang-orang yang terpilih.

3. Allah Swt. Pakaikan Mahkota Dari Surga

Dalam buku yang berjudul Al-Itqan fi Ulumil Qur’an: Samudra Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, karya Imam Jaluddin Al-Suyuthi, Al-Baihaqi meriwayatkan di dalam Syu’abul Iman dari jalur Ash-Shalshal. “Barangsiapa membaca surat Al-Baqarah maka dia akan dipakaikan mahkota dari surga.”

Nah, itulah keutamaan mengamalkan 3 ayat terakhir surat Al-Baqarah. Semoga yang mengamalkan selalu di berikan keberkahan oleh Allah Swt.

Dosen Pengampu : Dr. Hamidullah, M.A.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image