Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Hilmi Hazami

Peran Teknologi Dalam Bidang Pendidikan

Eduaksi | Wednesday, 15 Nov 2023, 22:57 WIB
sumber : dokumen pribadi

Pesatnya perkembangan teknologi di era global ini tidak bisa lepas pengaruhnya terhadap dunia pendidikan. Perkembangan teknologi yang semakin canggih harus diimbangi dengan pendidikan di sekolah maupun di perguruan tinggi.

Teknologi memiliki fungsi untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar dan tidak sepenuhnya mengambil peran dari guru. Teknologi dalam pendidikan digunakan sebagai fasilitas untuk mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal.

Peserta didik dapat memanfaatkan teknologi dalam pendidikan mereka untuk menambah pengetahuan. Keberadaan teknologi harus dimaknai sebagai upaya peningkatan dari segi efektifitas maupun efisiensi.

Pendidikan bukan hanya sekedar ilmu pengetahuan saja, namun juga merupakan sumber informasi yang memenuhi kebutuhan pendidikan dan mempermudah proses pembelajaran.

Peran pendidikan dalam pembelajaran yaitu untuk membangun hubungan yang kolaboratif serta membangun makna dalam konteks yang mudah dipahami.

Peran teknologi pendidikan dalam mewujudkan pendidikan yang bekualitas diantaranya: menyediakan fasilitas belajar, membantu menyelesaikan masalah pembelajaran yang ada, menyatukan beragam disiplin ilmu yang berbeda yang dikaji secara menyeluruh, membuat pekerjaan menjadi efektif dan efisien.

Peran teknologi dalam dunia pendidikan sangat dibutuhkan guna menyediakan platfrom yang benar untuk pembelajaran di masa sekarang.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image