Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Lilis Ummi Fa'iezah

Alifa, Siswa MTsN 6 Sleman, Langganan Juara Pencak Silat

Eduaksi | Tuesday, 14 Nov 2023, 09:31 WIB

Alifa Putri Supriyadi adalah salah satu siswa MTsN 6 Sleman yang sering menorehkan tinta emas pada kejuaraan pencak silat. Remaja yang saat ini duduk di kelas 8B MTsN 6 Sleman ini memang mendalami seni bela diri pencak silat sejak ia berusia 9 tahun. Bagi Alifa, pencak silat tidak sekadar hobi, alat bela diri, namun juga sarana untuk mengolah jiwanya. “Karena pencak silat adalah warisan budaya bangsa yang harus dilestarikan oleh generasi muda bangsa Indonesia.” kata Alifa bijak.

Putri dari Eka Supriyadi,S.Pdi. dan Lilis Fauziah,S.Pd ini menekuni bela diri Pencak Silat atas kemauan sendiri. Remaja kelahiran Lebak, 22 Agustus 2009 bercerita bahwa ketika masih sekitar kelas 3 SD, ia melihat latihan pencak silat di daerahnya. Kelincahan dan lemah gemulai para pemainnya membuat Alifa kecil terpesona. Orang tua Alifa sangat mendukung keinginan Alifa untuk ikut berlatih Pencak Silat. Sejak saat itu, Alifa kecil mengikuti latihan Pencak Silat dan kecintaannya pada olah raga bela diri ini semakin mendarah daging. “Pencak silat mengajarkan saya tentang kedisiplinan, mengasihi teman, jujur, semangat, dan tidak mudah menyerah dalam hidup,” ujar Alifa.

Pertama kali berlatih, Alifa dibimbing oleh pelatih Nurul Huda di madrasah tempatnya belajar. Di luar sekolah, ia mengikuti les privat di sanggar Pencak Silat dengan pelatih-pelatih yang mumpuni. Saat ini Alifa bersekolah di MTsN 6 Sleman. Ia mengikuti kegiatan ekstra-kurikuler Pencak silat. Selain itu, Alifa juga mengikuti club' pencak silat diluar jam sekolah. Selama di MTsN 6 Sleman, Alifa kerap mengikuti berbagai pertandingan pencak silat dan mempersembahkan kemenangan untuk MTsN 6 Sleman. Beberapa kejuaraan yang pernah diaraihnya selama ia menekuni Pencak Silat antara lain:

· juara 1 kelas A putri tanding tingkat SD se-Banten almizan fighter tournament 2018

· juara 3 kategori seni tunggal putri tingkat SD assaadah pencak silat championship 2019

· juara 2 kategori seni tunggal tingkat SD putri APS_C 2020

· juara 1 kategori tanding kelas A putri tingkat SD APS_C 2020

· juara 2 kategori tanding kelas B tingkat SD putri kejuaraan APS_C 2020

· juara 1 kejuaraan internasional pencak silat Banten internasional championship 2020

· juara 2 tapak suci 32 Banten championship 2023 kategori tanding kelas E tingkat SMP/MTS

· juara 1 FORDA DIY 2023 kategori seni tunggal remaja

Alifa merasa senang bisa menjadi salah satu yang melestarikan Pencak Silat. Ia merasa pencakPencak Silat banyak mempengaruhi sendi-dendi kehidupannya. Dari Pencak Silat, ia belajar falsafah hidup yang sebenarnya. Ia mengibaratkan bahwa dalam hidup ada kebaikan dan keburukan. Pencak silat selalu mengajarkannya untuk selalu mengutamakan kebaikan dan kesungguhan dalam setiap langkah. Alifa bahkan bertekat menjadikan Pencak Silat sebagai jalan hidupnya dengan bercita-cita menjadi atlet pencak silat.

Remaja yang lahir di Lebak, Banten ini berharap teman-temannya di MTsN 6 Sleman dan generasi muda pada umumnya dapat ikut melestarikan budaya adi luhung Indonesia dengan mengikuti berbagai kegiatan budaya yang salah satunya adalah Pencak Silat. “Saya juga berharap semoga suatu saat Pencak Silat menjadi salah satu cabang olah raga dunia dimana sebagian besar atletnya berdarah Indonesia,” tegas Alifa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image