Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image UCare Indonesia

6 Tips Agar Tidak Mudah Berkeluh Kesah dan Banyak Bersyukur

Agama | Wednesday, 08 Nov 2023, 17:14 WIB

 

sumber gambar: freepik.com/sketchepedia

Tidak jarang hidup diwarnai oleh hal-hal menantang dan rasa kekurangan yang membuat seseorang cenderung tidak bersyukur bahkan sampai berkeluh kesah. Namun, dalam Islam, seorang muslim secara penuh diajarkan untuk banyak bersyukur sebagai rasa terima kasih atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah kepadanya. Namun, sebagai manusia yang seringkali khilaf, kadangkala ia lupa banyak orang di luar sana yang hidupnya jauh lebih kurang.

Sahabat, agar jauh dari sifat berkeluh kesah mari kita praktikkan tujuh tips yang dapat membantu agar tidak mudah berkeluh kesah dan lebih banyak bersyukur!

1. Bersedekah dan Berbuat Kebaikan

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi hadirnya rasa tidak puas adalah dengan melawannya dalam bentuk perbanyak berbuat kebaikan dan membantu orang lain. Beramal soleh seperti bersedekah untuk membantu mereka yang membutuhkan dapat membuat hati kita lebih merasakan kebahagiaan dalam memberi, dan ini akan meningkatkan rasa syukur kita. Sehingga kita tidak lupa bahwa begitu banyak nikmat yang diberiNya.

2. Intropeksi Diri

Ketika mulai muncul rasa ingin berkeluh kesah, tanyakan diri sendiri pertanyaan positif. Contoh saat lelah bekerja, sebaliknya, cobalah bertanya, "Apa yang bisa saya syukuri dari pekerjaan ini?" Bayangkan betapa banyak orang-orang di luar sana yang butuh pekerjaan seperti yang Anda miliki. Maka bersyukurlah, istirahatlah sejenak agar hilang rasa beban di hati.

3. Ingatlah Anugerah yang Ada

Luangkan waktu untuk merenung tentang semua karunia dan anugerah yang sahabat miliki saat ini. Seperti anugerah berupa nikmat sehat, keluarga, pekerjaan, dan karunia untuk bisa menjalani hidup dengan baik. Ingat bahwa ada banyak orang yang mungkin menginginkan apa yang sahabat miliki.

4. Tetapkan Prioritas

Tetapkan prioritas dalam hidup. Fokus pada hal-hal yang benar-benar penting bagi sahabat dan hindari terjebak dalam hal-hal yang kurang penting. Ini akan membantu sahabat mengurangi stres dan mudah untuk lebih banyak bersyukur.

5. Hargai Perbedaan

Setiap orang memiliki masalah dan perjuangannya sendiri. Berhentilah untuk mulai membandingkan diri atau hidup sahabat dengan orang lain. Hargai perbedaan dan tantangan yang dialami sebagai bagian dari perjalanan hidup.

6. Luangkan Waktu untuk Berdoa dan Bersyukur

Doa adalah cara untuk berkomunikasi dengan Allah secara langsung sekaligus bentuk menyampaikan rasa syukur. Selalu sediakan waktu untuk berdoa dan bersyukur atas segala anugerah yang telah sahabat terima di detik ini, menit ini, hari ini, begitu seterusnya. Karena dengan demikian akan semakin jauh pikiran negative untuk mengeluh.

Dengan mengikuti tips di atas, semoga sahabat dapat menjalani kehidupan dengan lebih banyak rasa syukur. Sehingga hati lebih bahagia, jiwa juga semakin dekat sepenuhnya kepada Allah Ta’ala.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image