Nabi Muhammad tak Jadi Ceraikan Putri Umar bin Khattab, Ini Alasannya

Khazanah  
Nabi Muhammad tak Jadi Ceraikan Putri Umar bin Khattab, Ini Alasannya

GENPOP -- Umar bin Khattab memiliki seorang putri bernama Hafshah, yang masuk Islam bersama suaminya bernama Khunais bin Hadzafah As-Sahmi.

Setelah itu mereka hijrah ke Madinah. Pada tahun 2 Hijriyah, suami Hafshah itu wafat. Lantas Umar bin Khattab ingin agar Utsman bin Affan menikahi anaknya, tetapi keinginan Umar itu ditolak Utsman.

Umar pun menawarkan anaknya kepada Abu Bakar tetapi juga ditolak. Namun, penolakan Abu Bakar bukan tanpa alasan.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Melainkan, karena Nabi Muhammad SAW pernah menyampaikan keinginannya untuk melamar Hafshah, sehingga Abu Bakar menunggu sampai Nabi SAW melamar Hafshah.

Pada tahun 3 Hijriah, Hafshah dinikahi Rasulullah SAW. Suatu ketika, beliau SAW pernah ingin menceraikan Hafshah.

Namun, malaikat Jibril turun untuk mencegah Nabi SAW menceraikan Hafshah karena putri khalifah kedua ini memiliki keutamaan dalam ibadahnya.

"Jangan kamu ceraikan dia, karena dia adalah wanita yang gemar berpuasa dan menunaikan sholat malam. Dan dia akan menjadi istrimu di Surga," kata Jibril kepada Nabi Muhammad.

Hafshah lahir di Makkah tahun 18 sebelum Hijrah. Hafshah wafat di Madinah pada tahun 45 Hijriah.

Dia dikenal sebagai wanita yang cerdas. Dia pernah berpidato dengan sangat fasih dan teks pidatonya pun bisa ditemukan pada kitab-kitab tafsir.

Selain itu Hafshah meriwayatkan 60 hadits dari Nabi SAW dan 10 di antaranya ada di dalam Shahih Bukhari dan Shahih Muslim.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image