Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image isdie

Dana Abadi Pesantren Siapa yang Untung ?

Info Terkini | Friday, 03 Nov 2023, 20:15 WIB
Perang program sudah dimulai meskipun belum masa kampanye salah satunya Dana Abadi Pesantren.

Dana Abadi Pesantren menjadi ramai diperbincangkan oleh berbagai elemen dari politisi sampai para santri, memang menarik sebuah program yang dilemparkan oleh salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden, karena program dengan branding Dana Abadi Pesantren mempunyai pangsa pasar besar karena targetnya adalah umat Islam di Indonesia dimana umat Islam merupakan pemilih terbesar di republik ini.

Secara politik sasaran dari program tersebut adalah umat Islam sebagai umat yang mempunyai naungan dalam menuntut ilmu, meskipun tidak semua umat Islam menitipkan keluarganya di pesantren, pesantren merupakan isu yang cukup manjur untuk menjadi komoditas politik.

Sekilas kita ketahui pesantren dari masa ke masa merupakan sebuah lembaga pendidikan formal keagamaan dari perkembangannya pesantren hanya mengikuti arus jalannya zaman perjalanan roda pesantren diawali dari kemandirian baik dari para pengajar dan santri, unsur-unsur tersebut saling bahu membahu menjalankan perputaran jalannya pondok pesantren.

Dari awal awal mulai bertebarannya pesantren pendiriannya memang didasari dari sebuah dakwah semata karena untuk mentransfer ilmu keagamaan pada khususnya kepada masyarakat sehingga tidak terdapat praktik komoditas dan pemanfaatan dari pihak-pihak tertentu.

Bahkan di era kerajaan islam pondok pesantren tidak terlalu dimanjakan dengan pemberian berbagai fasilitas baik untuk.pengajarnya apalagi santri. Kebudayaan dan adat pesantren terbentuk secara alamiah karena memang tidak ada campur tangan dari pemerintah kerajaan pada waktu itu. Pemerintah kerajaan hanya sekedar saja memberikan bantuan kepada Pondok pesantren sehingga tidak ada ikatan aturan yang membuat pondok pesantren takluk dengan pemerintah kerajaan.

Beda dulu beda sekarang, pondok pesantren sekarang mulai dimanjakan oleh pemerintah salah satu pemerintah memanjakan pesantren adalah menerbitkan peraturan yang didalamnya menyelipkan sebuah redaksi Dana Abadi Pesantren, Dana Abadi Pesantren yang tersirat dalam peraturan tersebut langsung dimunculkan dalam program salah satu calon presiden.

Diakui atau tidak sebenarnya Pondok pesantren tidak perlu terlalu dimanjakan karena pondok pesantren sudah mempunyai pondasi kuat yaitu kemandirian sehingga pemerintah tinggal memberikan stimulus saja bukan terlalu menggelontorkan material yang akhirnya membuat hilangnya Marwah pondok pesantren.

Dana Abadi Pesantren kemungkinan hanya akan menguntungkan pihak-pihak tertentu saja dan justru akan mengekang dan melingkarkan kendali pada leher pondok pesantren sehingga luntur bahkan hilang kemandirian Serta tujuan hakiki Pondok pesantren.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image