Akankah Kenaikan Harga Bitcoin Terus Terganjal Regulasi AS?

Cryptolab  
Akankah Kenaikan Harga Bitcoin Terus Terganjal Regulasi AS?

GENPOP -- Ada kenaikan harga baru Bitcoin (BTC) selama beberapa hari terakhir, jika melihat kode ticker Bitcoin ETF di situs web DTCC.

Harga Bitcoin sempat menyentuh harga 35 ribu dolar AS (Rp 558 juta). Ini tak lepas dari aksi beli sehingga menaikkan harga BTC dengan harapan besar Bitcoin Spot ETF dapat disetujui.

Harapan investor terkait hal tersebut semakin tinggi. Dengan pertumbuhan dua digit dalam sepekan, harga Bitcoin diharapkan bisa mencapai angka 40 ribu dolar AS (Rp 637 dolar AS) pada akhir tahun 2023.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Sayangnya, pasar masih dipenuhi keraguan seperti "Apakah Bitcoin siap melampaui angka 100 ribu dolar AS?", atau "Akankah harga Bitcoin naik lagi?" atau "Di mana posisi Bitcoin selama 5 tahun ke depan?"

Bitcoin dari Sisi Regulasi SEC

1. Tinjauan Timeline

Untuk memberikan konteks, Komite Sekuritas dan Bursa AS (SEC) mulai memeriksa kumpulan aplikasi terbaru, yang berasal dari perusahaan keuangan yang berfokus pada cryptocurrency dan tradisional, pada bulan sebelumnya.

Selain itu, SEC meluangkan waktu untuk meneliti setiap permohonan dengan cermat.

2. Periode Tanggapan yang Diperpanjang

SEC memilih untuk tidak membuat keputusan pasti saat ini. Sebaliknya, mereka malah memperpanjang periode komentar yang ada, sehingga memungkinkan lebih banyak masukan publik mengenai aplikasi tersebut.

3. Keputusan Pengadilan Banding Wilayah D.C.

Pengadilan Banding Wilayah D.C. menetapkan bahwa beberapa alasan SEC untuk menolak permohonan ETF bitcoin tampak sewenang-wenang dan berubah-ubah.

Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang proses pengambilan keputusan SEC.

4. Argumen Grayscale

Keputusan penting ini muncul setelah Grayscale berpendapat bahwa SEC tidak memiliki dasar yang kuat untuk menolak proposalnya untuk mengubah Grayscale Bitcoin Trust menjadi ETF.

Ini menambah kompleksitas perdebatan yang sedang berlangsung.

5. Anggota parlemen AS mendesak SEC untuk menyetujui ETF

Anggota parlemen mengatakan bahwa setelah keputusan pengadilan baru-baru ini, tidak ada alasan untuk terus menolak permohonan tersebut berdasarkan standar yang tidak konsisten dan diskriminatif.

Terakhir, mereka mendesak Ketua SEC Gary Gensler untuk segera menyetujui pencatatan ETP bitcoin spot.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image