Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ananda Aditya

Hitamedia Digital Agency yang Membantu Banyak Para Pelaku UMKM di Jogja

UMKM | Tuesday, 31 Oct 2023, 14:18 WIB
Sumber : Hitamedia Digital Agency

DKI Jakarta- Di era persaingan yang semakin ketat, peran desain grafis tak dapat diabaikan dalam meningkatkan bisnis. Dengan desain grafis yang profesional dan menarik tentunya dapat membantu pelaku usaha terutama UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) membedakan mereka dengan pesaing, menarik perhatian pelanggan potensial, dan membangun citra merek yang kuat.

Oleh karena itu, memilih jasa desain grafis yang tepat sangat penting dalam membantu kesuksesan bisnis. Menurut Julian Cahyo Hutomo, CEO dan Co Founder PT Hitamedia Inovasi Hutama, para pelaku UMKM dapat menggunakan jasa desain grafis dalam membuat branding produk dan citra bisnis mereka.

“Yang paling sederhana misalnya membuat logo perusahaan sebagai identitas, atau untuk kebutuhan desain produk dan layanan. Dengan desain grafis yang profesional, tentunya akan menaikkan brand,” ujarnya.

Sebelum memilih jasa yang berkualitas, Julian menyarankan pemilik UMKM memperhatian sejumlah penduan agar tujuan mendapatkan desain grafis berkualitas bisa tercapai.

“Setidaknya ada lima poin yang bisa dijadikan panduan. Ini penting agar pelaku UMKM bisa meningkatan branding mereka,” ungkap pria yang sudah berkecimpung di binis desain grafis sejak 2019 lalu.

Panduan pertama dalam memilih jasa desain grafis menurut Julian adalah melihat portofolio dan kualitas kerja dari pemberi layanan/jasa.

“Periksa proyek-proyek yang telah mereka kerjakan, baik dalam industri yang sama maupun yang berbeda dengan bisnis Anda. Tinjau kualitas desain, kreativitas, dan kesesuaian dengan merek. Pastikan gaya desain mereka sesuai dengan apa yang Anda inginkan untuk merek Anda,” terang pria yang mengembangkan usahanya di bawah bendera PT. Hitamedia Inovasi Hutama.

Selain kualitas desain, penting pula untuk mempertimbangkan keahlian dan pengalaman jasa desain yang dipilih. Untuk poin kedua ini, pelaku UMKM disarankan memastikan latar belakang penyedia jasa, baik dari sisi pendidikan, maupun pengalaman dalam bekerja dengan bisnis sejenis.

“Jasa desain grafis yang berpengalaman akan memiliki pemahaman lebih baik tentang kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh pelaku usaha/UMKM,” imbuh Julian.

Poin yang ketiga adalah komunikasi. Pastikan proses komunikasi terjalin dengan baik agar keinginan pelaku usaha memiliki desain grafis yang baik bisa tercapai.

“Komunikasi yang efektif dengan jasa desain grafis sangat penting untuk mencapai hasil akhir yang memuaskan,” imbuh Julian.

Selain komunikasi, fleksibilitas dari jasa desain pun perlu dipertimbangkan. Karena bisnis UMKM seringkali membutuhkan perubahan desain yang cepat sesuai dengan kebutuhan dan perubahan pasar. Pastikan jasa desain grafis yang dipilih dapat mengakomodasi perubahan yang diperlukan dalam waktu yang tepat dan dengan kualitas yang tetap terjaga.

Yang terakhir, kata Julian, perhatikan juga faktor harga. Memiliki anggaran yang terbatas adalah kenyataan bagi banyak pelaku usaha/UMKM. Namun, jangan hanya memilih jasa desain grafis berdasarkan harga terendah.

Pertimbangkan nilai yang ditawarkan oleh jasa desain grafis tersebut, termasuk kualitas, pengalaman, dan layanan yang ditawarkan,” papar Julian.

Bagi pelaku UMKM yang membutuhkan kemudahan dan kepraktisan, mereka juga dapat mempertimbangkan penggunaan jasa atau desain grafis secara online. Selain harganya terjangkau, layanan online juga dapat dijadikan mitra konsultasi dalam merancang konsep dan desain produk.

CEO dan Co Founder PT Hitamedia Inovasi Hutama berharap bisa terus membantu ekosistem UMKM indonesia untuk terus berkembang dan tumbuh.

“Menggunakan jasa desain grafis online bisa menjadi salah satu solusi untuk menerapkan strategi pemasaran efektif untuk mencapai kesuksesan bisnis UMKM,” terang Julian.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image