Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Luita Yusniawati

Pelatihan Teknisi Intrumentasi untuk Polinema (Poliknik Negeri Malang)

Eduaksi | Tuesday, 10 Oct 2023, 08:32 WIB

Teknisi instrumentasi bertanggung jawab untuk mengawasi dan memelihara peralatan yang digunakan dalam industri migas. Mereka melakukan pemeriksaan rutin, perbaikan, dan kalibrasi peralatan seperti sensor, transmitter, dan kontroler untuk memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik. Hal ini penting untuk menjaga keandalan dan akurasi peralatan dalam mengukur dan mengontrol berbagai parameter dalam proses produksi migas.

Begitu pentingnya hal ini, menjadikan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas), mengadakan pelatihan Teknisi Instrumentasi untuk Politeknik Negeri Malang (Polinema) yang diadakan selama dua hari mulai dari Senin (25/09/23).

Pada pelatihan ini Nurpadmi, widyaiswara PPSDM Migas yang menjadi salah satu pengajar menjelaskan mengenai Instrument Drawing.

“Dapat kita ketahui banyaknya simbol safety yang ada di ruang lingkup industry. Ada tujuan utama yang terkandung dalam Instrument drawing tersebut yang utama adalah sebagai komunikasi atau pengingat kita, yang kedua adalah sebagai catatan kita dan yang terakhir adanya simbol safety sebagai pemeliharaan juga,” jelasnya.

“Pada Proses instrument drawing symbols terdapat beberapa standar yang digunakan sebagai pemberian informasi diantaranya sebagai fungsi instrument itu sendiri, kemudian besaran atau parameter proses intrument, koneksi antar instrument dan prosesnya serta yang terakhir adalah sebagai penempatan lokasi dalam sistem plant,” tambahnya.

Dalam pelatihan ini para peserta mempelajari mengenai beberapa jenis materi seperti Kalibrasi Control Valve, K3LL, Komunikasi di Tempat Kerja, Mengoperasikan Komputer, Kalibrasi Sensor dan Transduser, Kalibrasi Transmitter, Instrument Drawing, Controller dan Tools dan Alat Ukur

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image