Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Assist. Prof. Dr. Hisam Ahyani.

Cara Cepat Cek Ijazah di PDDIKTI dan SIVIL untuk Daftar ASN Tahun 2023

Teknologi | Sunday, 24 Sep 2023, 20:46 WIB

CARA CEPAT CEK IJAZAH DI PDDIKTI DAN SIVIL UNTUK DAFTAR ASN TAHUN 2023

CARA CEPAT CEK IJAZAH DI PDDIKTI DAN SIVIL UNTUK DAFTAR ASN TAHUN 2023

Oleh : Dr. Hisam Ahyani

Dosen STAI Miftahul Huda Al Azhar Banjar

Alumni Program Doktor Hukum Islam, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

[email protected]

Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Tahun 2023 mempunyai persyaratan yang cukup pelik, terutama bagi kaum yang kurang melek akan teknologi informasi. Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) kini hadir lebih bergairah, hal ini dikarenakan perkembangan zaman yang semakin canggih dan maju. Salah satu persyaratan mutlak bagi pendaftar ASN (Aparatur Sipil Negara) adalah adanya diwajibkan validasi ijazah.

Langkah-langkah cepat Cek validasi Ijazah adalah melalui PDDIKTI dan Sivil. Tahun 2023 ini cara pengecekannya ada sedikit perbedan. Tiap tahun berbeda-beda dalam mengecek Validasi Ijazah lulusan perguruan tinggi di Indonesia. Berikut salah satu langkah tercepat yang dapat dilakukan. Yakni dengan mengetikkan NIM (Nomor Induk Mahasiswa), ini berlaku bagi seluruh perguruan tinggi Negeri maupun Swasta yang terdaftar di PDDIKTI. Berikut Langkah tercepat dan mudah.

1. Kunjungi situs https://pddikti.kemdikbud.go.id/

2. Ketik NIM (Nomor Induk Mahasiswa)

Ini adalah cara tercepat, jika mencarinya dengan menggunakan keyword atau Kata kunci “Nama Mahasiswa” terlalu lambat. Berikut tampilan langsung muncul identitas Mahasiswa.

3. Copy Nomor Seri Ijazah Anda

Jika nomor seri ijazah belum muncul atau tidak terdaftar, bersegeralah hubungi Perguruan Tinggi yang menerbitkan ijazah untuk memastikan data ijazah telah dilaporkan melalui PD-DIKTI. Berikut tampilan identitas mahasiswa yang sudah terdaftar dan nomor seri ijazah sudah muncul.

4. Kunjungi situs Resmi Sivil Ijazah

Situs resmi Sivil ijazah adalah https://ijazah.kemdikbud.go.id/ . SIVIL merupakan sistem verifikasi ijazah secara elektronik atau online yang terintegrasi dengan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti).

5. Isi Formulir Verifikasi

Formulir Verifikasi ijazah diisi dengan nama perguruan tinggi, prodi, dan nomor seri ijazah, serta masukan angka pengaman. Paste nomor seri ijazah yang di copy tadi. Terakhir Klik Verifikasi warna Kuning. Berikut tampilannya

6. Selesai.

Langsung Daftar ASN ke situs resmi https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login

Semoga bermanfaat

Daftar Rujukan

https://daftar-sscasn.bkn.go.id/login

https://pddikti.kemdikbud.go.id/

https://ijazah.kemdikbud.go.id/

Artikel Lengkap Klik DISINI

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image