Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Luita Yusniawati

PPSDM Migas Gembleng Supervisor Sistem Listrik Migas Star Energy (Kakap) Ltd.

Info Terkini | Monday, 18 Sep 2023, 13:50 WIB

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengadakan pelatihan Supervisor Sistem Listrik Migas untuk Star Energy (Kakap) Ltd. Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari dibuka pada Senin (11/9/23).

Djoko Santoso, salah seorang pengajar menjelaskan langkah apa yang harus diambil untuk rencana pemeliharaan generator.

“Perencanaan pemeliharaan pembangkit perlu dilakukan sebagai acuan jenis pemeliharaan yang akan dilakukan, kegiatan apa saja yang akan dilakukan, rencana biaya yang akan digunakan, material yang dibutuhkan, waktu yang dibutuhkan, serta sumber daya yang dibutuhkan untuk melaksanakan pemeliharaan,” ungkapnya.

Kemudian ia juga menjelaskan apa saja jenis pemeliharaan yang dilakukan pada mesin diesel.

“Ada dua point untuk jenis pemeliharaan pada mesin diesel yang pertama pemeliharan rutin atau periodik yang mana dilakukan perawatan secara berkala untuk mencegah terjadinya kerusakan melalui kegiatan pengecekan dan penggantian dalam waktu yang ditentukan. Kemudian yang kedua pemeliharaan korektif dengan pemeliharaan ini hanya dilakukan ketika pembangkit terjadi gangguan,” tambahnya.

Selama tiga hari pelatihan, peserta mendapatkan materi tentang Analisa dan Troubleshooting Gangguan Generator serta Perencanaan Pemeliharaan Generator, Analisa dan Troubleshooting Gangguan UPS serta Perencanaan Pemeliharaan UPS, Analisa dan Troubleshooting Gangguan Transformator serta Perencanaan Pemeliharaan Transformator, Analisa dan Troubleshooting Gangguan Switchgear serta Perencanaan Pemeliharaan Swithgear, Analisa dan Troubleshooting Gangguan HVAC, Lightning Grounding, Lighting System serta Perencanaan Pemeliharaan HVAC, Lightning Grounding, Lighting System, Peraturan Perundangan & K3 Listrik, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Pemeliharaan Peralatan, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Pemeliharaan Peralatan,dan Analisa dan Troubleshooting Gangguan Elektrik Motor serta Perencanaan Pemeliharaan Elektrik Motor.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image