Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Luita Yusniawati

PPSDM Migas Tambah Kompetensi Keselamatan dan Kesehatan Kerja untuk Operator K3

Eduaksi | Monday, 04 Sep 2023, 11:12 WIB

Kesehatan dan keselamatan kerja adalah aspek yang sangat penting dalam setiap lingkungan kerja. Dalam upaya menjaga kesehatan dan keselamatan kerja, perusahaan harus memastikan bahwa pekerja memiliki akses terhadap fasilitas dan perlengkapan yang memenuhi standar keselamatan yang ditetapkan. Selain itu, perusahaan juga perlu menyediakan pelatihan dan edukasi yang memadai kepada para pekerja untuk meningkatkan kesadaran mereka akan risiko dan bahaya yang ada di tempat kerja. Dengan melibatkan semua pihak terkait, perusahaan dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi semua pekerjanya.

Karena hal inilah, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) menggelar pelatihan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) untuk level operator pada tanggal 28 – 30 Agustus 2023 secara daring di PPSDM Migas.

Agus Wachidi, salah seorang pengampu pada pelatihan ini menjelaskan bahwa setelah mengikuti pelatihan ini peserta diharapkan untuk menjadi kompeten dan memahami Peraturan dan Perundangundangan K3 yang berlaku, dasar-dasar K3, jenis alat pelindung diri dan cara-cara penggunaannya, melakukan identifkasi bahaya dalam usaha mencegah kecelakaan akibat kerja.

“Untuk pemahaman yang menyeluruh, kami juga memberikan materi tentang basic life support yaitu dengan memastikan penderaita tidak sadar dengan memanggil, menepuk ringan, dan merangsang nyeri bisa dengan cubitan pada lengan. Setelah itu kita harus mengamankan korban dengan membaringkannya di tempat yang datar dan luar dengan alas keras. Penolong berdiri berumpu pada ke dua lutut di samping korban. Perhatikan juga response korban ketika ada Tindakan look, liste dan feel dengan maraba denyut nadi karotis,” terangnya.

Ia menambahkan apabila korban kehilangan denyut nadi maka segera melakukan RJP (Resusitasi Jantung Paru), Airway Control (penguasaan jalan nafas), tahapan breathing dan lainnya untuk memastikan peserta memahami materi tentang basic life support.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image