Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruang Dakwah Medis Indonesia

Terapi Berendam Es Batu Salah Satu Cara Cepat Memulihkan Energi Bagi Atlit

Eduaksi | Monday, 28 Aug 2023, 23:03 WIB

Solo – Sebagai seorang atlit harus dituntut mempunyai fisik stamina yang kuat dan tidak mudah lemah dikarenakan jadwal pertandingan yang padat yang sudah menanti. Salah satu yang menyebabkan seorang atlit harus cepat bugar adalah pola latihan dan pertandingan bagi atlit akan banyak menghabiskan energi yang terforsir yang pada akhirnya akan membuat atlit kesulitan untuk mengembalikan kebugaran seperti sedia kala. Seperti pada atlet Sepak bola, pertandingan yang padat merayap membuat sang pelatih utama dan pelatih fisik harus berpikir keras supaya sang atlit bisa bugar sebelum pertandingan, salah satunya dengan memberikan terapi yang tepat.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji ketika memeriksa pasien anak/Foto : Dokpri

Atlet Sepak bola dalam pertandingan baik dalam negeri maupun luar negeri dituntut harus menjalani jadwal Liga yang sangat padat. Bahkan dalam seminggu mereka bisa bertanding sebanyak 2x pertandingan, dimana hal tersebut akan menghabiskan energi serta menurunkan kondisi fisik atlet. Salah satu terapi yang sudah banyak dilakukan penelitian serta sudah banyak dilakukan klub Sepak Bola Liga Indonesia adalah terapi berendam di air es batu.

Terapi berendam di air es batu adalah terapi dengan cara merendamkan tubuh dengan air es batu yang bertujuan untuk memulihkan energi secara cepat. Kata lain dari terapi berendam es batu adalah hidroterapi dingin. Terapi ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi kebugaran tubuh terutama dalam mengembalikan fisik bagi atlit.

Salah satu manfaat dari Terapi Berendam Air Es Batu adalah Meredakan otot, mengembalikan mental atlit karena membuat rileks tubuh, Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memulihkan cedera dan meningkatkan kebugaran tubuh. Menurut Penelitian dari Profesor Wilgesen dari USA menyampaikan bahwa terapi berendam air es batu adalah terapi yang mempunyai efek penekan hormon kortisol atau hormon yang menimbulkan stres sehingga akan berdampak mencegah terganggunya tanda – tanda vital didalam tubuh.

Menurut Dosen Spesialis Medikal Bedah yaitu “Prima Trisna Aji” menyampaikan bahwa terapi berendam air es batu ini sudah banyak diaplikasikan pada atlit sepak bola di liga Indonesia. Contohnya para pemain Persis Solo yang mempunyai program jadwal latihan yang keras dan pertandingan yang padat serhingga setiap selesai pertandingan Pelatih Fisik memprogramkan terapi es batu guna mengembalikan kebugaran pemain. “Terapi berendam air es batu sangat efektif dalam mengembalikan pemulihan cedera bagi atlit sehingga akan mempercepat proses penyembuhan”, Ucap Prima Trisna Aji kepada wartawan media online. *Red

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image