Pengertian Karat Emas dan Jenis-Jenisnya, Jangan Sampai Salah Beli

Uang  

Pengertian Karat Emas dan Jenis-Jenisnya, Jangan Sampai Salah Beli. (ilustrasi)

GENPOP -- Kamu mungkin pernah mendengar adanya emas 24 karat, 20 karat dan semacamnya. Namun apakah kamu mengetahui apa karat emas yang dimaksud? Dan apa perbedaan dari masing-masing karat emas tersebut?

Karat emas menunjukkan seberapa besar kadar kandungan emas di dalam logam atau perhiasan. Semakin besar kadar emas, semakin besar pula nominal karatnya.

Scroll untuk membaca

Scroll untuk membaca

Perhitungan persentase kandungan emas didasarkan pada karat dalam perhiasan emas dengan menggunakan rumus (n/24 x 100%), di mana n adalah nilai karatnya. Hingga kini, tidak ada perhiasan emas yang terdiri dari kandungan emas murni.

Dengan demikian, dapat dipahami pula bahwa emas memiliki nilai karat yang menunjukkan seberapa banyak kandungan emas dalam logam mulia atau perhiasan yang kamu beli.

Pada umumnya, kadar karat emas yang dinilai paling baik dan paling banyak ditemui di pasaran adalah perhiasan emas 18 sampai 24 karat.

BACA JUGA: Emas bukan untuk investasi, ini penjelasannya

BACA JUGA: Cara Menabung Emas yang Benar dan Mengunt

Perhiasan Emas Dicampur dengan Kadar Logam Lain

Kamu harus tahu, emas merupakan jenis logam mulia yang lunak dan gampang berubah bentuk. Belum lagi bobotnya yang cenderung lebih berat dibandingkan jenis logam lain.

Karena itu, biasanya perhiasan emas akan ditambahkan dengan kadar logam lain seperti perak, alloy, palladium, dan lain sebagainya agar menjadi lebih keras.

Karena terjadi percampuran seperti itu, maka kadar logam campurannya pun menjadi berbeda-beda, sehingga menghasilkan jenis karat emas tertentu, seperti yang telah kita kenal sekarang ini. Ada 24 karat, 20 karat dan 18 karat.

Jenis Karat Emas dan Contohnya

Berikut ini penjelasan mengenai masing-masing kadar karat emas yang sesuai dengan SNI 8880-2020.

Emas 18 Karat

Kadar karat emas ini menunjukkan bahwa kadar logam mulia emas yang ada di dalamnya cukup banyak, yaitu sekitar 75 persen. Artinya, kadar logam campuran di dalam perhiasan emas yang 18 karat ini hanya sekitar 25 persen.

Emas 20 Karat

Emas dengan kadar karat 20 ini artinya kandungan emas di dalam aksesoris perhiasan tersebut lumayan tinggi, yaitu sekitar 83,40 persen. Jika kamu melakukan buyback untuk Emas perhiasan dengan jenis karat ini, keuntungan yang diperoleh pun cukup menggiurkan.

Emas 22 Karat

Terkait apa itu emas 22 karat, kamu harus tahu bahwa emas 22 karat mengandung kadar kemurnian emas sebesar 91,70 persen. Lebih tinggi daripada emas 20 karat dan 18 karat.

Emas 24 Karat

Emas 24 karat adalah emas yang kadar kemurnian emasnya antara 99 persen sampai 99,90 persen. Tentu saja, harga emas 24 karat lebih mahal dari karat-karat lain. Meski kadar emas yang dimilikinya nyaris murni, emas 24 karat tetap memiliki kadar logam campuran.

FG 999.9

Pilihan terbaik untuk menabung emas adalah dengan kadar 999.9 persen. Jenis emas satu ini merupakan jenis fine gold atau emas murni yang tidak memiliki kandungan logam campuran.

Emas jenis ini berbentuk emas batangan dan tidak banyak diolah menjadi perhiasan. Contoh dari emas FG dengan kadar 999.9 persen adalah emas ANTAM LM.

Emas ANTAM juga sudah memperoleh akreditasi dari LBMA atau London Bullion Market Association.

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

[email protected] (Marketing)

× Image