Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Zac

Cara Menjadi Youtuber/Content Creator

Eduaksi | Tuesday, 08 Aug 2023, 08:51 WIB

Cara Menjadi Youtuber/Content Creator

Youtube semakin dipenuhi dengan berbagai konten yang mengunggah berbagai video kreatif sehingga memiliki banyak penonton dan subscribers. Hal tersebut membuat video mereka dapat dimonetisasikan dan menghasilkan uang. Maka dari itu, saat ini banyak orang yang mencari bagaimana cara menjadi youtuber. Hal ini lah yang menjadi daya Tarik Sebagian orang untuk mulai mencoba terjun di industri kreatif dengan menjadi youtuber dan mengunggah konten-konten informatif dan menghibur. Untuk membuat video youtube tentunya setiap youtuber membutuhkan kamera yang canggih dengan kualitas yang terbaik. Namun untuk Sebagian para pemula, kamu bisa mencoba membuat konten video hanya dengan bermodalkan HP saja.

1. Tentukan Tujuan yang akan Dicapai di Youtube 

Sama seperti usaha lainnya, cara menjadi Youtuber pemula cuman modal HP juga tentu harus diawali dengan tujuan yang jelas terlebih dahulu. Hal ini penting, agar kedepannya bisa selalu fokus pada tujuan yang telah ditentukan tersebut, sehingga hal-hal lainnya bisa dikesampingkan terlebih dahulu.

Kesuksesan seorang Youtuber biasanya akan diukur dengan 3 poin berikut ini:

 

  • Jumlah subscriber yang dimiliki di akun Youtube.
  • Engagement yang bisa didapatkan, dimana akun Youtube selalu memperoleh jumlah share, like dan juga komen yang banyak.
  • Monetisasi akun, di mana akun tersebut bisa menghasilkan uang dari berbagai iklan dan yang lainnya.

Pilih salah satu atau bahkan ketiga poin diatas sekaligus. Namun jika ingin fokus, tidak ada salahnya untuk memilih satu per satu dan memilih yang lainnya kemudian seiring dengan berkembangnya channel Youtube itu sendiri.

2. Buat Target yang Terukur

Jika sudah mengetahui cara daftar Youtube biar dapat uang, maka mulailah menentukan target yang akan dicapai. Buatlah target yang masuk akal/ terukur, sehingga bisa dicapai dan tidak hanya akan menjadi sesuatu yang mustahil untuk diwujudkan.

Misalnya: bisa mendapatkan 1500 subscriber dalam waktu 5 bulan. Hal ini mungkin terlihat kecil pada awalnya, namun tentu bukan sesuatu yang mudah untuk didapatkan. Target yang realistis seperti ini akan membuat perjalanan menjadi Youtuber bisa dilalui dengan menyenangkan.

3. Pilihlah Passion dan Kemampuan mu

Cara menjadi Youtuber pemula yang sukses adalah dengan memilih niche yang tepat sejak awal. Niche yang unik dan menarik mungkin akan mendatangkan banyak subscriber, namun ini akan sangat sulit jika tidak sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Pilihlah niche yang sesuai dengan passion dan juga kemampuan yang dimiliki, agar lebih mudah untuk menyajikannya menjadi sebuah konten yang menarik. Selain itu, hal ini juga akan mendukung proses kreatif yang lebih maksimal.

Ada beberapa niche yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan sebagai cara menjadi Youtuber pemula cuman modal HP, antara lain: kuliner, fashion, lifestyle, traveling, teknologi, gaming, musik, dan yang lainnya.

4. Tentukan Jenis Konten yang akan Dibuat

Jika sudah tahu cara daftar Youtube biar dapat uang, maka jangan lupa untuk memilih tipe konten yang tepat untuk channel tersebut. Berikut ini adalah beberapa pertimbangannya:

 

  • Educate, ini merupakan konten yang memberikan pemahaman tentang sesuatu kepada para viewer.
  • Entertain adalah jenis konten yang menghibur dan paling banyak disukai.
  • Convert adalah konten yang akan mendorong viewer untuk melakukan sesuatu, misalnya pembelian atau yang lainnya.

5. Temukan Ciri Khas Sendiri 

Cara menjadi Youtuber pemula cuman modal HP adalah dengan memiliki ciri khas tersendiri, sehingga viewers akan mudah untuk mengingat akun maupun sosok Youtuber itu sendiri.

Ciri khas ini bisa didapatkan dengan banyak cara, misalnya: menggunakan tagline tertentu, menggunakan pakaian atau atribut tertentu, memakai logat bahasa tertentu, dan yang lainnya. Konsistenlah pada ciri khas tersebut, sebab ini akan menjadi salah satu identitas sebagai Youtuber juga.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image