Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Nur Hayati

PASAR BERSAING SEMPURNA

Eduaksi | Wednesday, 29 Dec 2021, 11:55 WIB

A. Pasar Bersaing Sempurna

Persaingan sempurna adalah struktur pasar yang ditandai oleh jumlah pembeli dan penjual yang sangat banyak. Transaksi setiap individu tersebut (Pembeli dan penjual) sangat kecil dibandingkan dengan total output industri sehingga mereka tidak dapat mempengaruhi harga produk tersebut. Informasi tentang harga dan kualitas produk itu sempurna dan setiap perusahaan bisa dengan mudah mendapatkannya. Dalam jangka panjang tidak ada perusahaan atau industri yang menerima laba di atas normal.

Pasar persaingan sempurna penerima harga (price taker). Barang dan jasa yang dijual di pasar bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan. Pembeli tidak dapat membedakan (persaingan sempurna) adalah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen. Harga terbentuk melalui mekanisme pasar dan hasil interaksi antara penawaran dan permintaan, sehingga penjual dan pembeli ini tidak dapat memengaruhi harga dan hanya berperan sebagai apakah suatu barang berasal dari produsen A, produsen B, atau produsen C? Oleh karena itu promosi dengan iklan tidak akan memberikan pengaruh terhadap penjualan produk.

Ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah :

1) Terdapat banyak penjual

walaupun banyak, penjual di struktur pasar ini tidak dapat mempengaruhi harga. Penjual yang menjual barangnya di bawah harga pasar akan menderita kerugian. Sementara jika menjual di atas harga pasar, maka akan susah menemukan konsumen. demikian demikian, seller yang merupakan perusahaan-perusahaan kecil ini dapat menentukan berapa kuantitas yang akan dijual.

2) Terdapat banyak pembeli

Sama halnya dengan penjual, pembeli di pasar persaingan yang sempurna pun tidak dapat mempengaruhi harga. Biaya yang harus dikeluarkan untuk suatu barang atau jasa yang ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran.

3) Barang atau jasa bersifat homogen dan tidak dapat dibedakan

Semua produk terlihat identik. Seorang pembeli tidak dapat membedakan apakah suatu produk tertentu diproduksi oleh perusahaan A, perusahaan B, atau perusahaan C. Oleh karena itu, promosi dengan iklan tidak berpengaruh.

4) Bebas keluar masuk

Jika industri dalam persaingan sempurna memperoleh keuntungan yang besar, maka banyak perusahaan baru akan bergabung, begitu pun sebaliknya.

5) Kebebasan untuk mengambil keputusan

Tidak ada kekuatan luar yang bisa mempengaruhi keputusan yang diambil oleh penjual dan pembeli,termasuk pemerintah.

6) Setiap pihak dapat mengetahui keadaan pasar dengan mudah

Pembeli mengetahui jenis barang dan harga yang dikenakan oleh perusahaan. Demikianpula penjual yang mengetahui tingkat permintaan konsumen, harga, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan produk.

Kelebihan dan Kekurangan Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna memiliki kelebihan sebagai berikut:

1) Tidak ada persaingan di pasar ini karena produk yang dijual homogen atau serupa.

2) Dalam pasar yang bersaing sempurna, penjual tidak perlu memasang iklan untuk promosi.

3) Harga barang dan jasa yang dijual ditentukan oleh semua penjual dan pembeli secara bersamaan dan umumnya harga cenderung stabil.

4) Harga didasarkan pada transaksi tawar-menawar antara penjual dan pembeli

5) Penjual dan pembeli bertindak bebas dalam transaksi. Pembeli bebas membeli barang yang dia inginkan dan dari pabrik mana pun yang dia inginkan.

6) Mampu mendorong efisiensi dalam produksi. Dengan jumlah produsen atau penjual yang banyak, maka produsen akan berlomba-lomba untuk meningkatkan mutu barang yang dijualnya.

Beberapa kekurangan dari persaingan pasar yang sempurna yaitu:

1) Dalam persaingan pasar yang sempurna tidak ada dana untuk melakukan penelitian atau pengembangan produk sehingga inovasi yang dilakukan sangat minim.

2) Pembeli mengalami keterbatasan dalam memilih barang atau jasa karena produk yang dijual adalah sama dan kualitasnya sama.

3) Pekerja cenderung menerima upah atau gaji rendah.

4) Terkadang ada ketidak seimbangan dalam distribusi pendapatan masing-masing produsen yang mengakibatkan konflik keadilan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image