STRUKTUR PASAR
Bisnis | 2021-12-28 13:46:38Apa itu Struktur Pasar?
Anda pasti pernah medengar atau mendatangi pasar bukan?
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, proses, hubungan sosial, dan infrastruktur di mana perusahaan menjual barang, jasa, dan pekerja kepada orang-orang untuk mendapatkan uang. Barang dan jasa dijual menggunakan mata uang fiat.
Banyak kegiatan ekonomi yang terjadi di pasar, seperti jual beli barang dan jasa. Bahkan, disini juga ada fluktuasi penawaran dan permintaan. Jumlah dan besarnya skala produksi berbagai perusahaan di suatu tempat dapat dikatakan sebagai struktur pasar.
Menurut buku Aminursita dan Abdullah 2018, hlm. 411, Struktur pasar adalah informasi tentang perilaku usaha dan kinerja pasar yang dijelaskan melalui keadaan pasar.
Menurut buku Aspek Dasar Ekonomi Mikro (2006) karya Tri Kunawangsih, struktur pasar adalah keadaan pasar yang memberikan petunjuk tentang aspek-aspek yang memiliki pengaruh penting terhadap perilaku usaha dan kinerja pasar.
Struktur pasar umumnya dibedakan menjadi struktur pasar persaingan sempurna dan struktur pasar persaingan tidak sempurna. Struktur pasar persaingan tidak sempurna dibagi menjadi tiga macam yaitu struktur pasar monopoli, persaingan monopolistik, dan oligopoli. Empat jenis struktur pasar tersebut didasarkan pada karakteristik pasar yang meliputi jumlah dan ukuran distribusi para pembeli dan penjual, hambatan masuk, serta tingkat diferensiasi produk.
~ Jenis-Jenis Struktur Pasar
1. Pasar Persaingan Sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah suatu struktur pasar dimana terdapat banyak penjual dan pembeli dimana masing-masing tidak dapat mempengaruhi keadaan pasar.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
1. Jumlah pembeli dan penjual banyak, sehingga masing-masing pembeli dan penjual secara sendiri-sendiri tidak mampu mempengaruhi harga pasar.
2. Harga ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran dan tidak dapat diubah ( suatu datum).
3. Setiap penjual dan pembeli sebagai pengambil harga (price taker)
4. Setiap perusahaan menghasilkan barang yang sama (Homogenous) menurut pandangan konsumen
5. Setiap perusahaan bebas keluar masuk pasar (free entry& exit)
6. Sumber produksi bebas bergerak ke manapun.
7. Pembeli dan penjual mempunyai pengetahuan yang sempurna terhadap pasar (perfect knowledge).
Kelebihan pasar persaingan sempurna:
1. Tidak ada persaingan ketat karena produk yang dijual serupa.
2. Banyak pembeli yang sudah mengenal produk yang ada, sehingga penjual tidak perlu mengiklankan promosinya.
3. Harga saat ini cenderung stabil.
4. Pembeli bebas mendapatkan produk dari penjual.
5. Produsen bersaing untuk meningkatkan produksi dan kualitas produk, dan penjual menjual untuk meningkatkan efisiensi produksi.
Kekurangan pasar persaingan tidak sempurna:
1. Minim inovasi produk.
2. Pembeli akan kesulitan untuk memilih suatu produk karena produk yang berbeda memiliki jenis dan kualitas yang sama.
3. Ada ketidakseimbangan dalam distribusi pendapatan antara produsen dan penjual produk.
4. Penjual yang berlokasi utama cenderung mendapatkan banyak pembeli dibandingkan yang tidak.
5. Banyak pesaing yang menyebabkan hambatan untuk memasuki pasar untuk menjual produk.
2. Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Persaingan tidak sempurna adalah struktur pasar di mana ada lebih banyak penjual daripada pembeli. Dalam pasar persaingan tidak sempurna dalam jumlah kecil penjual memiliki hak untuk menjual produk tertentu, dan hanya mereka yang boleh atau mampu untuk menjual produk dalam jumlah terbatas.
a. Pasar Monopoli
Pasar monopoli adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran di mana hanya ada satu penjual/produsen yang berhadapan dengan banyak pembeli/ konsumen.
Karakteristik Pasar Monopoli:
1. Hanya ada satu penjual
2. Produk yang dijual tidak ada penggantinya
3. Hambatan untuk masuk pasar sangat kuat
4. Dapat menguasai penentuan harga
5. Promosi iklan kurang diperlukan
b. Pasar Oligopoli
Pasar oligopoli adalah kondisi pasar dimana bahan baku hanya dikuasai oleh segelintir perusahaanPada struktur pasar oligopoli, jumlah penjual dengan barang substitusi sangat sedikit. Kurva permintaan yang berlaku memiliki elastisitas silang yang tinggi. Jumlah perusahaan dalam pasar yang sedikit membuat struktur pasar ini tidak memberikan keleluasaan untuk memasuki pasar. Selain itu, penetapan harga harus disepakati bersama oleh setiap perusahaan yang ada di dalam pasar.
Karakteristik Pasar Oligopoli:
1. Terdapat sedikit penjual
2. Terdapat sedikit rintangan untuk memasuki industri oligopoli
3. Keputusan harga yang diambil oleh satu perusahaan harus di pertimbangkan oleh perusahaan yang lain dalam industri
4. Produk mempunyai ukuran standar
5. Terdapat kompetisi non harga (non pricing competition) misalnya perang iklan
c. Pasar Monopolistik
Pasar monopolistik adalah bentuk pasar yang menghasilkan produk serupa tetapi memiliki banyak produsen yang berbeda dalam beberapa hal.
Karakteristik Pasar Monopolistik:
1. Produsen banyak
2. Produk beraneka ragam
3. Iklan sangat penting
4. Hambatan untuk memasuki industri kecil
Disclaimer
Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.