Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Putri Aulia

Komunikasi Pemasaran Somethinc

Eduaksi | Tuesday, 11 Jul 2023, 11:51 WIB

Komunikasi pemasaran adalah bentuk komunikasi yang bertujuan untuk memperkuat strategi pemasaran dan implementasi komunikasi yang bertujuan untuk membantu kegiatan pemasaran suatu perusahaan. Selain itu, kegiatan komunikasi pemasaran adalah kegiatan yang ditujukan untuk memperkenalkan, menjalin, dan menciptakan interaksi antara perusahaan dengan mitra usaha dan konsumen, serta merupakan upaya untuk mengkomunikasikan perusahaan, produk, dan jasa kepada pihak luar seperti mitra usaha, pemasok, dan konsumen. Strategi komunikasi pemasaran dalam kegiatan pemasaran barang konsumen harus dapat mencapai tujuan pemasaran yang merupakan kepuasan pelanggan.

Kennedy dan Soemanagara (2009:5) menjelaskan, aktivitas komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang menggunakan teknik-teknik komunikasi yang berfungsi memberikan informasi kepada banyak orang agar tujuan perusahaan tercapai dan terjadi peningkatan pendapatan atas penggunaan layanan atau pembelian produk yang ditawarkan. Dengan kata lain, komunikasi pemasaran merupakan bentuk komunikasi yang bertujuan untuk memperkuat strategi pemasaran, guna mencapai segmentasi yang lebih luas. Selain itu, aktivitas komunikasi pemasaran adalah aktivitas yang ditujukan untuk memperkenalkan, menjalin maupun menciptakan interaksi antara perusahaan dengan mitra usaha maupun konsumen dan aktivitas tersebut, atau merupakan suatu usaha untuk mengkomunikasikan perusahaan, produk maupun layanan kepada pihak luar (mitra usaha, pemasok maupun konsumen).

Salah satu contoh komunikasi pemasaran dilingkungan sekitar adalah Somethinc. Somethinc menerapkan strategi pemasaran yang menjadikan brand mereka sebagai salah satu local brand yang menjulang kesuksesan hingga tingkat internasional.

Digital marketing memerlukan strategi dan tools yang menarik agar kinerja penyebaran produk ke audiens meningkat. Terdapat beberapa bentuk pemasaran digital yang dioptimalkan oleh Somethinc untuk mempromosikan produk-produknya, antara lain:

1. Media Sosial Instagram

Instagram merupakan salah satu platform sosial yang cukup terkenal di Indonesia. Hal ini dimanfaatkan oleh Somethinc untuk mempromosikan produknya. Jumlah pengikut yang mencapai 1,3 juta, strategi pemasaran Somethinc di Instagram terbilang berhasil. Somethinc membuat berbagai macam konten di Instagram seperti unggahan foto yang memberikan informasi tentang produknya, testimoni dari pengguna produknya, dan konten menarik lainnya.

Salah satu konten pemasaran Somethinc yang menarik perhatian adalah menantang skincare enthusiast untuk menggunakan produk Somethinc selama 4 minggu untuk melihat hasilnya. Hal ini menunjukkan bahwa Somethinc sangat serius dalam menciptakan produk mereka dengan kualitas terbaik.

2. Strategi Pemasaran Somethinc Melalui Situs Web

Somethinc juga melakukan pemasaran melalui situs web resmi. Terdapat berbagai pilihan yang ditawarkan, seperti produk terbaru, perawatan kulit, kosmetik, dan peralatan makeup. Selain menyajikan berbagai pilihan, situs web resmi Somethinc juga mempermudah konsumen untuk melihat dan membeli produk mereka.

Dengan adanya fitur Live Chat dengan bot atau admin semakin membuat website Somethinc menarik dan memanjakan para konsumennya. Fitur Live Chat ini berguna untuk konsultasi produk yang cocok untuk mengatasi permasalahan kulit, urutan penggunaan produk yang tepat, dan informasi seputar reseller bahkan complain.

3. Pemasaran Melalui E-mail

Strategi pemasaran Somethinc juga dilakukan melalui pemasaran melalui e-mail. Pihak Somethinc akan mengirimkan informasi tentang produk-produk yang sedang diskon kepada pelanggan yang sudah berlangganan menggunakan surel. Bukan hanya tentang diskon, Somethinc juga akan mengirimkan e-mail jika ada produk terbaru yang akan diluncurkan, acara, atau informasi menarik lainnya.

4. Menjadikan Artis Korea Sebagai Brand Ambassador

• Han So Hee

Pihak Somethinc mengungkapkan alasan utama terbentuknya kolaborasi antara Somethinc dengan Han So Hee, yaitu berawal dari consumer insight. Somethinc menyadari setiap individu memiliki masalah kulit yang berbeda-beda. Oleh karena itu, merek lokal ini terus berusaha menyediakan perawatan kulit yang disesuaikan untuk para pelanggan.

Untuk menjaga dan meningkatkan prestasi ini, Somethinc tidak ragu untuk menunjuk Han So Hee sebagai brand ambassador. Selanjutnya, memberikan beberapa rekomendasi produk kecantikan bernama Han So Hee’s Picks.

• NCT Dream

Memilih NCT Dream sebagai brand ambassador menunjukkan bahwa pria juga perlu menggunakan perawatan kulit untuk menjaga kulit wajah mereka. Dalam kerjasama ini, Somethinc menyajikan rangkaian kegiatan dan paket khusus untuk penggemar grup pria asal Korea Selatan tersebut.

Pemilihan NCT Dream sebagai brand ambassador mendapatkan respon positif dari penggemar di Indonesia. Hal ini terbukti dengan penjualan bundle Somethinc X NCT Dream yang terjual habis dengan cepat. Kolaborasi Somethinc x NCT Dream ini terdiri dari beberapa set perawatan kulit yang cocok dengan berbagai masalah kulit. Mulai dari NCT Dream’s Pic Sensitive Skin Set, Acne & Pore Combat Set, Brightening Set, hingga Anti Aging Set.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image