Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Naufal Aji

Kegiatan Progam Kerja KKN UNTAG Sosialisasi Pengenalan Inovasi Strategi Pemasaran Hidroponik

Eduaksi | Saturday, 08 Jul 2023, 23:28 WIB

Naufal Aji Yuniantoro,Mahasiswa Ekonomi Pembangunan,Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Dinoyo,Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto. Pada tahun 2023,Universitas 17 Agustus 1945 melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang di nauingi langsung oleh LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) yang bertema “Penguatan Ikon Desa Berbasis Potensi Lokal”. Kegiatan KKN ini dilaksanakan mulai tanggal 3 Juli sampai 14 Juli 2023 dan dibimbing oleh Bapak Sulton Fikri S.IP. S.H M.H selaku Dosen Pembimbing Lapangan Kelompok R26.

Kuliah Kerja Nyata Merupakan bentuk pengabdian mahasiswa mahasiswi perguruan tinggi kepada masyarakat , Kuliah Kerja Nyata (KKN) sendiri nantinya akan dibagi setiap tim dari masing masing program studi untuk disebar ke seluruh desa yang sekiranya masih keterbelakangan. Oleh karena itu,KKN diadakan agar desa tersebut dapat berkembang mengikuti perkembangan dari segi apapun. Universitas 17 Agustus Surabaya sendiri membagi membagi kelompok yaitu 35 kelompok KKN Reguler yang berlokasi di Kabupaten Mojokerto.

Sosialisasi Pengenalan Inovasi Pemasaran Hidroponik Kepada Karang Taruna Desa Dinoyo Kecamatan Jatirejo Kabupaten Mojokerto merupakan Progaram Kerja yang disusun oleh kelompok R26 yang dilaksanakan di Desa Dinoyo harus diciptakan untuk mengatasi suatu masalah yang ada di Desa Dinoyo salah satunya tentang Edukasi Strategi Pemasaran yang belom diketahui oleh para pemuda Karang Taruna. Setelah itu,penulis menciptakan program kerja yang berjudul Sosialisasi Pengenalan Inovasi Strategi Pemasaran Hidroponik Kepada Karang Taruna Desa Dinoyo. Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk mempermudah warga desa/karang taruna dalam menyusun strategi pemasaran hidroponik.

Pelaksanaan program kerja tersebut menggunakan cara sosilalisasi kepada para pemuda karang taruna atau warga desa dimana dengan memaparkan materi pemasaran hidroponik melalui Power Point lalu dijelaskan oleh narasumber. Sasaran program kerja ini adalah karang taruna atau warga desa karena lokasi program kerja dilaksanakan dibalai desa dimana karang taruna atau warga desa yang disekitar lokasi tersebut.Program kerja dengan judul Sosialiasai Pengenelan Inovasi Strategi Pemasaran Hidroponik dengan mengedukasi strategi pemasaran dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2023.Dalam program kerja ini ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan antara lain : Pembinaan Karakter dan Kepemimpinan,Pelatihan enterprenuership melalui Copy Writing,Edukasi Pemilihan Bibit dan Penanaman Inovasi Hidroponik dan Sosialiasai Pengenelan Inovasi Strategi Pemasaran Hidroponik.

Hidroponik adalah sistem budidaya yang tidak menggunakan media tanam konvensional (tanah). Sistem budidaya ini menggunakan media air yang bercampur larutan nutrisi.Karena medianya tidak menggunakan tanah,maka teknik ini dapat menekan hama dan penyakit dari tanah sehingga dapat meniadakan fungsi pestisida. Karena tidak ada menggunakan pestisida,maka tanaman hidroponik adalah tanaman higenis dengan harga jual yang tinggi. Hidroponik bisa dipasarkan melalui media online dan offline , yang melalui media online hidroponik bisa dipasarkan dengan cara memasarkan melalui e-commerce dan mempromosikan produk hidroponik lewat media sosial.Sedangkan melalui media offline bisa dipasarkan dengan cara personal selling,pemasangan iklan di media cetak,dan bekerjasama dengan mitra dagang.

Dengan adanya program kerja ini diharapkan para pemuda karang taruna atau warga desa sekitar dapat menerapkan program inovasi pemasaran hidroponik dirumah secara mandiri. Selain program inovasi pemasaran hidroponik , Pembinaan Karakter dan Kepemimpinan,Pelatihan enterprenuership melalui Copy Writing,Edukasi Pemilihan Bibit sehingga nantinya bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi pemuda karang taruna atau warga desa.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image