Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ary Gunawan

Korelasi Hikmah Qurban dalam Komitmen Bermuhammadiyah

Guru Menulis | Saturday, 01 Jul 2023, 07:36 WIB
Flyer Kegiatan (Dok. Pribadi)

SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta (SMP Mugadeta) melaksanakan kegiatan Pengajian Hikmah Hari Raya Qurban 1444H pada Jumat (30/06). Kegiatan diikuti oleh guru dan tenaga pendidikan SMP Mugadeta dengan menghadirkan narasumber Ustadz Ahmad Affandi, S.Ag., M.S.I., selaku dosen Universitas Ahmad Dahlan dan Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM).

Ustadz Ahmad Affandi, M.S.I., menyampaikan materi (Dok. Pribadi)

Kurban dilakukan setiap tahun sebagai bentuk ketaatan dan kepatuhan semata-mata untuk taqarrub mendekatkan diri pada Allah. Perintah shalat dan berkurban dalam satu rangkaian, sehingga untuk mendapatkan pahala berkurban, sudah seharusnya menjalankan ibadah shalat agar sesembelihan bernilai kurban, tidak sekadar sesembelihan semata.

Sebagai warga Muhammadiyah, hikmah berkurban dapat dimaknai sebagai perintah dan teladan untuk selalu taat dan patuh terhadap perintah Allah Swt sebagai bentuk rasa cinta. Warga muhammadiyah harus memiliki rasa memiliki dan rasa cinta dengan muhammadiyah sebagai jalan amar ma'ruf nahi munkar dan beribadah kepada Allah melalui kegiatan keislaman dan amal usaha yang dijalankan.

Kegiatan diakhiri dengan ramah tamah dan memasak bersama sebagai bagian bounding guyub rukun keluarga besar SMP Mugadeta.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image