Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ni Putu Sita Devi Suyasa

Pengaruh ASYP 2023 Terhadap Kemampuan Personal Branding dan Public Speaking Peserta

Pendidikan dan Literasi | Tuesday, 27 Jun 2023, 19:50 WIB
Poster Ambivers Summer Youth Program 2023 (instagram.com/ambivers.id)

Ambivers Summer Youth Program 2023 (ASYP 2023) merupakan sebuah program dari Ambivers.id yang terdiri dari rangkaian kegiatan berupa seminar, pelatihan, dan project. ASYP 2023 diusung dengan tema “Empowering Young Leaders : Unclocking, Potential, Inspiring Impact”. Program ini bertujuan untuk memperluas wawasan, mengasah skill, serta membangun relasi antarpeserta. Program ini ditujukan untuk siswa/i SMA/sederajat se-Indonesia yang memiliki pengalaman dalam bidang organisasi.

Program ASYP 2023 diadakan selama 4 hari, yang di masing-masing harinya berisikan kegiatan-kegiatan bermanfaat untuk memperluas wawasan serta mengasan skill. Kegiatan-kegiatan tersebut berupa seminar mengenai personal branding, public speaking, leadership, & project management. Di penghujung acara juga akan diadakan sebuah final project yang bertujuan untuk menuangkan inovasi-inovasi kreatif yang dimiliki peserta untuk direalisasikan.

Program ASYP 2023 tentunya memiliki beberapa keuntungan atau benefit bagi delegasi peserta acara. Keuntungan-keuntungan tersebut berupa beasiswa penuh untuk mengikuti kelas mentoring, pengalaman untuk membuat sebuah proyek, pengembangan diri, memperluas relasi dengan mentor, panitia acara, serta para peserta dari SMA/sederajat lain se-Indonesia, dan terdapat reward untuk partisipan terbaik. Keuntungan-keuntungan ini menjadi sisi lain dari program ASYP 2023 ini yang membuat para peserta tertarik untuk mencoba mengikuti kegiatan ini, tak terkecuali peserta bernama Ni Putu Sita Devi Suyasa yang akrab disapa Sita yang merupakan alumni dari SMAN 1 Kuta, Seminyak, Bali.

Sita mengetahui informasi mengenai ASYP 2023 dari teman satu organisasinya yang bernama Gung Ais. Setelah membaca informasi terkait ASYP 2023, Sita merasa tertarik dan memutuskan untuk mendaftar program ini dengan tujuan untuk memperluas wawasan serta relasi yang menurutnya akan berguna untuk kehidupannya di kemudian hari.

Kegiatan ASYP 2023 di hari pertama adalah webinar mengenai personal branding yang dibawakan oleh mahasiswa berprestasi utama FKG UI 2023 yaitu Aysha Azzahra B yang juga merupakan seorang content creator. Beliau membagikan begitu banyak ilmu mengenai personal branding kepada para peserta, beliau juga tak lupa membagikan saran-saran mengenai bagaimana melakukan personal branding yang baik dan benar, serta memaparkan kepada para peserta tentang darimana harus memulai melakukan personal branding. Di penghujung acara, terdapat sesi networking antarpeserta yang dibagi menjadi 2 ruang, sesi ini bertujuan untuk membangun relasi antarpeserta, selain itu pada sesi tersebut juga diberikan tugas berupa membuat 1 video personal branding dan diunggah ke laman instagram pribadi peserta.

ASYP 2023 hari kedua diisi dengan webinar mengenai kemampuan public speaking yang dibawakan oleh mahasiswa UNAIR yang menjadi duta universitas tersebut yaitu Andika Kaya yang sudah berpengalaman menjadi speaker di berbagai macam seminar serta acara-acara serupa. Beliau memaparkan pengetahuan mengenai public speaking kepada para peserta, beliau juga serta merta memberikan saran-saran bagaimana melatih skill public speaking peserta agar peserta bisa memiliki skill public speaking yang mumpuni. Di penghujung acara juga terdapat sesi networking yang membagi peserta ke dalam 2 ruang berbeda. Sama seperti sebelumnya, sesi ini juga bertujuan untuk membangun relasi antarpeserta, di akhir sesi juga diberikan tugas yang berkaitan dengan webinar public speaking sebelumnya berupa membuat 1 buah artikel yang wajib diunggah ke media pemberitaan seperti Retizen, Kompas, Kompasiana, IDN Times, dan media-media pemberitaan lain.

Rangkaian kegiatan dalam ASYP 2023 selama 2 hari membawa beberapa perubahan pada diri para peserta, tak terkecuali Sita. Mengikuti ASYP 2023 selama 2 hari membuat ia sadar bahwa kemampuan personal branding dan public speaking adalah kemampuan penting yang harus diasah sebagai modal untuk masa depan yang cerah. Ia yang sebelumnya sudah mengasah kedua kemampuan itu namun belum optimal dan ideal, sekarang sudah mengetahui bagaimana metode untuk mengasah kemampuan-kemampuan tersebut secara ideal dalam dirinya.

Beberapa hari selang hari kedua, ia mulai melakukan personal branding di laman sosial medianya. Ia mulai mengunggah prestasi-prestasi yang ia miliki, ia juga tak lupa mengunggah dokumentasi kegiatan ASYP 2023 pada hari pertama dan hari kedua. Ia percaya dengan mulai melakukan personal branding akan membuat orang lain memiliki persepsi yang baik tentang dirinya. Ia juga tak lupa menyiapkan video personal branding untuk memenuhi tugas pada ASYP 2023 yang nanti akan diunggahnya di laman sosial media pribadinya.

Sita juga mulai mengasah kemampuan public speaking-nya kembali dengan mempelajari kosakata-kosakata baru, belajar mengenai tata kebahasaan, serta ia juga mengasah kemampuan tersebut sembari membuat video untuk personal branding-nya, tak lupa ia juga menjadikan kegiatan pembuatan artikelnya sebagai salah satu bahan asah kemampuan public speakingnya.

Sita merasa sangat beruntung karena berkesempatan untuk mengikuti ASYP 2023. Selama 2 hari berlangsung, ia telah mendapat banyak wawasan serta membangun relasi dengan para peserta yang lain. Meski baru 2 hari berlangsung, ia yakin bahwa acara ini akan semakin menyenangkan dan akan memunculkan banyak manfaat lain di hari-hari berikutnya.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image