Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fadhil Beta Beta

Gaya mahasiswa yang modis dengan menghormati nilai-nilai agama

Gaya Hidup | Monday, 26 Jun 2023, 01:08 WIB
Ilustrasi OOTD Islami pergi ke kampus

Tren OOTD (Outfit of the Day) belakangan ini menjadi popular di kalangan anak muda, terlebih mahasiswa. Di mana mereka berbagi gaya berpakian harian mereka melalui media sosial. Sekarang, gaya berpakaian bukan hanya suatu kegiatan yang melibatkan pemilihan dan penggunaan pakaian untuk melindungi tubuh, menjaga kesopanan, dan mengekspresikan identitas diri. Namun lebih dari itu, berpakaian juga dapat mencerminkan budaya, tren fashion, dan norma sosial yang berlaku dalam suatu masyarakat. OOTD bukan hanya tentang mengenakan pakaian, tetapi juga merupakan bentuk ekspresi diri dan gaya pribadi.

Dalam dunia mode dan fashion yang terus berkembang, menjadi mahasiswa yang memperhatikan aturan syariat Islam dalam berpakaian tidak berarti harus mengorbankan gaya dan kreativitas. Memadukan fashion dengan prinsip-prinsip syariat Islam dapat menciptakan tampilan yang modis, elegan, dan tetap mematuhi nilai-nilai agama. Lalu bagaimana supaya anda sebagai mahasiswa dapat tetap modis namun juga Islami? Berikut adalah beberapa tips untuk menciptakan gaya fashionable yang sesuai dengan syariat Islam sebagai mahasiswa:

1. Mengetahui Prinsip-prinsip Berpakaian dalam Islam

Sebelum mencoba menemukan gaya yang sesuai, penting untuk memahami prinsip-prinsip dasar dalam berpakaian menurut syariat Islam. Ini termasuk menutup aurat, mengenakan pakaian yang longgar, tidak ketat, dan tidak transparan, serta menjaga kebersihan dan kesopanan dalam penampilan.

2. Pilih Pakaian dengan Potongan yang Modest

Modest adalah gaya berbusana yang santun. Pilihlah pakaian dengan potongan yang longgar, menutupi aurat, dan tidak membentuk bentuk tubuh secara berlebihan.

3. Eksplorasi Warna dan Kain

Anda dapat bereksperimen dengan warna dan jenis kain. Pilihlah warna-warna yang lembut, cerah, atau netral sesuai dengan selera atau kepribadian anda. Anda dapat memilih kain tekstur yang menarik sehingga memberikan sentuhan elegan pada penampilan anda.

4. Kombinasikan Pakaian dan Aksesori yang Tepat

Bermain dengan kombinasi pakaian atau biasa disebut dengan Mix and Match adalah kunci untuk menciptakan gaya fashionable. Padukan atasan yang longgar dengan celana atau rok yang pas, atau kenakan gamis dengan potongan yang modern. Pilihlah aksesori yang sederhana dan tidak mencolok, seperti syal, selendang, atau jika hendak menggunakan perhiasan gunakan perhiasan yang tidak mencolok.

5. Jaga Kesopanan dalam Gaya Berpakaian

Penting untuk selalu menjaga kesopanan dalam berpakaian, terutama pada lingkungan kampus. Hindari pakaian yang terlalu ketat, transparan, atau terbuka di area yang seharusnya ditutupi. Pilihlah pakaian yang tidak mengganggu aktivitas berkegiatan di kampus, nyaman dipakai, dan memberikan kesan yang baik.

Menjadi mahasiswa yang fashionable sesuai dengan syariat Islam bukanlah hal yang sulit. Dengan memahami prinsip-prinsip dasar berpakaian dalam Islam dan menggabungkannya dengan kreativitas, mahasiswa dapat menemukan gaya yang unik dan tetap memperhatikan nilai-nilai agama. Mahasiswa juga dapat mengambil inspirasi dari selebriti muslim yang memiliki gaya berpakaian yang sesuai dengan syariat Islam di Instagram misalnya. Beberapa tips diatas dapat membantu mahasiswa untuk memilih model pakaian yang modis namun juga sesuai syariat islam. Tetaplah eksploratif, percaya diri, dan jadilah inspirasi bagi orang lain melalui gaya pakaian Anda yang unik dan islami.

(Fadhil Dzaky Beta Rizqullah/Mahasiswa Ilmu Komunikasi Unissula)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image