Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image nur salamah

Pameran Karya P5 dan PPRA, Siswa MAN 3 Bantul Lestarikan Kearifan Lokal

Eduaksi | Wednesday, 14 Jun 2023, 11:40 WIB

Bantul (MAN 3 Bantul) – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Bantul merupakan madrasah yang terpilih menjadi piloting penerapan Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka memfokuskan penerapan pendidikan yang berpusat kepada siswa/pelajar. Pelajar dibekali dengan berbagai kompetensi dan dikembangkan karakternya sehingga dapat menerapkan ilmu dalam kehidupan. Karakter yang dibangun ini disebut dengan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Rahmatan Lil Alamin.Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila dan rahmatan lil ‘alamiin.

Sebagai salah satu sarana pencapaian Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin (P5 & PRRA) MAN 3 Bantul melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Rahmatan Lil Alamin yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

MAN 3 Bantul melaksanakan kegiatan (P5 & PRRA) dengan mengusung tiga tema. Setelah melaksanakan P5 & PRRA dengan tema kewirausahaan, Bangunlah Jiwa Raganya & Keteladanan, para siswa kelas X melaksanakan projek Kearifan Lokal Menelusur Warisan Masa Lampau. Selama kurang lebih tiga bulan siswa menggali kearifan lokal di sekitar Bantul hingga pada akhir bulan Mei para siswa menampilkan keanekaragaman budaya unggul pada acara puncak Pameran Karya. Dalam Pameran Karya ini masing-masing kelas menampilkan kearifan lokal yang telah digali.

X A menampilkan kearifan lokal Sumur Gumuling, X B menampilkan Batik Tulis Giriloyo, X C menampilkan Wayang Kulit Wukirsari, X D menampilkan Sate Klathak, X E menampilkan Rebo Pungkasan, X F menampilkan Wedhang Uwuh, dan X G menampilkan Gerabah Kasongan. Siswa mengunjungi stan yang telah disiapkan oleh setiap kelas. Siswa mengapresiasi dan menggali kearifan lokal dari budaya-budaya yang ditampilkan.Pameran karya P5 & PRRA turut dihadiri oleh Guru dan Tenaga Pendidikan, serta siswa kelas XI dan XII.

Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin, siswa dapat memahami keanekaragaman budaya Indonesia dan melestarikan kearifan lokal .

Kepala MAN 3 Bantul, Drs. Syamsul Huda, M.Pd. bangga dengan karya anak-anak yang sangat kreatif. “Alhamdulillah Pameran Karya P5 & PRRA berjalan dengan lancar . Anak-anak luar biasa kreatif dalam menampilkan kearifan lokal sekitar Bantul. Setelah projek ini siswa akan didorong untuk mengembangkan kearifan lokal yang telah mereka sajikan, seperti karya batik untuk dapat dilestarikan menjadi seragam madrasah,” tutur Huda. (sal)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image