Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Muhammad Fadhil Huda

Saham WSKT Terkena Suspend dari BEI

Bisnis | Sunday, 11 Jun 2023, 08:22 WIB

Perusahaan Waskita Karya (WSKT) Tbk sebuah perusahaan Indonesia yang berfokus pada bidang jasa industry, real estat, konstruksi, dan perdagangan. Baru – baru ini saham WSKT terkena suspend pada BEI pada sesi I tanggal 8 Mei 2023 hingga pengumuman dari BEI kedepannya.

Alasan WSKT terkena suspend pada saat itu karena tidak membayar kupon obligsi yang ditetapkan BEI pada tanggal 6 Mei 2023 dikarenakan pada tahap I tahun 2020 WSKT mengajukan keringanan atas obligasi berkelanjutan ditolak dalam keputusan Rapat Umum Pemegang Obligasi (RUPO).

Sebenarnya saham WSKT pernah juga kena suspend oleh BEI pada tanggal 15 Februari 2023 dikarenakan penundaan pembayaran bunga obligasi ke-15 berkelanjutan III untuk menjaga perdagangan bursa efek yang teratur.

Lalu dibebaskan oleh BEI pada tanggal 3 Maret 2023 dengan alasan pihak WSKT sudah memberikan klarifikasi kenapa menunda pembayaran Bungan obligasi tersebut. Namun pad asaat itu saham WSKT turun secara signiffikan menyentuh batas bawah setelah suspendnya dicabut oleh BEI

Pihak WSKT menjelaskan terkait kenapa WSKT menunda pembayarannya “Waskita bukan tidak bisa membayar bunga obligasi. Namun, kami tunda pelaksanaannya dikarenakan Perseroan akan melakukan peninjauan ulang secara komprehensif terhadap implementasi MRA dalam rangka optimalisasi program restrukturisasi keuangan yang tengah berjalan,” ucap Ibu Ermy Puspa Yunita dalam siaran pers, Rabu (15/2/2023).

Kasus korupsi yang melibatkan WSKT menjadi sentimen negatif dan berimbas pada suspensi perdagangan saham WSKT. Pola tren pada saham WSKT dipengaruhi juga bagaimana Langkah yang diambil korporasi WSKT untuk merecovery keuangan perusahaan.

Direktur utama WSKT yaitu, Destiawan Soewardjono, ditetapkan oleh kepolisian sebagai tersangka kasus korupsi pada penggunaan fasilitas yang menyimpang(memerintahkan dan menyetujui pencairan dana pembiayaan rantai pasokan) menggunakan dokumen palsu yang dilakukan oleh beliau untuk membayar utang perusahaan akibat proyek-proyek fiktif yang dibuat oleh WSKT. Ini sangat memengaruhi sentiment investor pada saham WSKT.

Setelah kejadian ini, manajemen WSKT mengambil alih dan merestrukturisasi utang dan berupaya membuat kondisi keuangan WSKT membaik.

Adapun beberapa akibat pada saat saham WSKT terkena suspend bagi investor

1. Investor tentunya tidak bisa melakukan aktivitas jual beli saham WSKT selama periode BEI memberikan suspense.

2. Nilai saham WSKT pasti turun ketika perdagangan saham diberhentikan sementara di bursa efek, terutama jika suspensi saham disebabkan oleh masalah keuangan atau pelanggaran perdagangan di bursa efek Indonesia.

3. Investor pasti mengalami kerugian finansial karena harga saham WSKT melonjak turun saat perdagangan saham dibuka kembali dan mereka mau tidak mau menjual saham WSKT tersebut.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image