Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mutiara Cahaya Ramadhani

Penyalahgunaan Narkoba Dikalangan Remaja

Eduaksi | Sunday, 11 Jun 2023, 07:55 WIB

Permasalahan narkoba di kalangan remaja merupakan bentuk pelarian dari masalah-masalah yang dihadapi, misalnya masalah keluarga atau masalah di sekolah. Pada fase remaja psikis cenderung labil, adanya tekanan yang nyata maupun tidak nyata yang dialami remaja dapat menjadi faktor atau pengaruh dalam tindakan yang dibuat. Akibat dari tekanan yang diberikan lingkungan dan kurangnya dukungan psikis dari orang terdekat dapat membuat remaja terjerumus dalam narkoba.

PENGERTIAN NARKOBA

Narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika, dan obat terlarang. Berdasarkan Undang-undang pengertian narkoba meliputi:

 

  1. Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintetis maupun semi sintetis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri dan dapat menimbulkan ketergantungan (Undang-Undang No. 22 tahun 1997).
  2. Psikotropika adalah zat atau obat, baik alamiah maupun sintetis bukan narkotika, yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selektif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku (Undang-Undang No. 5/1997).
  3. Bahan Adiktif berbahaya lainnya adalah bahan-bahan alamiah, semi sintetis maupun sintetis yang dapat dipakai sebagai pengganti morfina atau kokaina yang dapat mengganggu sistem saraf pusat.

PENYEBAB PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Remaja didefinisikan sebagai masa peralihan dari masa anak- anak ke masa dewasa. Pada fase ini psikis masi cenderung labil dan ada rasa penasaran yang tinggi terhadap sesuatu, serta rasa ingin mencoba hal baru. Lingkungan pertemanan menjadi salah satu faktor pendukung paling tinggi seorang remaja menggunakan narkoba, mungkin banyak dari mereka yang ingin coba-coba karena bujukan dari teman dan berujung menjadi kecanduan. Tekanan yang didapat dari lingkungan keluarga maupun sekolah juga bisa menjadi penyebab penyalahgunaan narkoba.

BAHAYA NARKOBA BAGI REMAJA

Dampak negatif penyalahgunaan narkoba bagi remaja meliputi:

 

  1. Mudah marah dan mudah tersinggung
  2. Halusinasi
  3. Kecanduan
  4. Menurunkan daya pikir
  5. Nilai dan disiplin menurun
  6. Mengantuk dan malas
  7. Perubahan sikap, perangai, dan kepribadian

UPAYA UNTUK MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN NARKOBA

Berikut merupakan upaya-upaya agar terhindar dari penyalahgunaan narkoba:

 

  1. Pendidikan dan Kesadaran: Penting bagi remaja untuk mendapatkan pendidikan dan pemahaman yang baik akan bahaya penyalahgunaan narkoba.
  2. Pilih lingkungan pertemanan yang Sehat: Lingkungan pertemanan yang sehat sangat penting agar tidak terjerumus terhadap penyalahgunaan narkoba. Batasi lingkup pertemanan dan hindari bergaul dengan teman-teman atau lingkungan yang berpotensi mendorong terjadinya penyalahgunaan narkoba.
  3. Jika memiliki permasalahn lebih baik bercerita kepada keluaga atau teman dan jangan jadikan narkoba sebagai tempat pelarian atau jalan keluarnya.
  4. Lakukan berbagai kegiatan yang positif, seperti belajar dan olahraga.
  5. Gunakan waktu luang untuk bersantai bersama keluarga.
  6. Kampanye anti penyalahgunaan narkoba kepada remaja.

Penyalahgunaan narkoba saat ini menjadi permasalahan penting yang harus terus diperhatikan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Harapannya semua orang tua dan masyarakat Indonesia ikut terus memantau perkembangan dan lingkungan di sekitar para remaja agar mereka tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba. Mari jadikan generasi muda Bangsa Indonesia menjadi generasi anti penyalahgunaan narkoba.

SUMBER :

Priambada, S., & MH, B. S. (2014). Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja. In Seminar Narkoba 2014. Surakarta University.https://media.neliti.com/media/publications/170095-ID-penyalahgunaan-narkoba-di-kalangan-remaj.pdf.
KOMPASIANA. (2023). Pengertian dan Penggolongan Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif.https://www.kompas.com/sains/read/2022/05/26/180000523/pengertian-dan-penggolongan-narkotika-psikotropika-dan-zat-adiktif
BNN. (2023). TIPS DAN STRATEGI MENGHINDARI PENYALAHGUNAAN NARKOBA. https://kepri.bnn.go.id/tips-dan-strategi-menghindari-penyalahgunaan-narkoba/
https://aprileopgsd.wordpress.com/2014/01/26/makalah-masa-perkembangan-remaja/

PENULIS :

Nama : Mutiara Cahaya Ramadhani

NIM : 005221045

Kelas : PDB GR-1

Universitas Airlangga

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image