Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Chusnul Chotimah Yuga Putri

Yoga Olahraga Favorit Saat Covid Hingga Sekarang

Olahraga | Friday, 09 Jun 2023, 10:01 WIB

Yoga adalah olahraga yang dapat dilakukan dengan fleksibel entah itu masalah tempat dan waktu. Selama pandemi beberapa tahun kemarin, disaat genting-gentingnya dan dilakukan PPKM banyak orang tidak bisa keluar rumah dan melakukan aktivitas seperti biasanya. Nah, akan tetapi kita harus tetap produktif agar tubuh tetap fit dan tidak gampang sakit. Gimana caranya?Yaitu dengan yoga, Jadi yoga ini adalah salah satu olahraga yang cocok untuk dilakukan di dalam rumah maupun di tempat terbuka, selain itu yoga juga dapat dilakukan sendiri dengan meniru gerakan instruktur yoga yang ada di Youtube. Selain tempat yang fleksibel yoga juga termasuk olahraga yang murah karena bisa dilakukan sendiri serta tidak memerlukan alat-alat khusus seperti halnya saat kita gym.

Bukan hanya saat pandemi kemarin yoga menjadi tren dikalangan remaja hingga orang dewasa, sampai sekarang yoga masih banyak sekali diminati. Contohnya seperti saya seorang mahasiswi dari suatu universitas yang sibuk dengan banyak tugas dan tidak sempat berolahraga diluar ruangan karena jarak stadion atau tempat olahraga yang jauh, nah disela-sela waktu senggang, saya melakukan yoga di kost. Walaupun bisa dibilang yoga olahraga yang ringan tapi jangan salah bahwa yoga bisa membuat keringat kita keluar lebih banyak.

Selain untuk berolahraga yoga juga punya manfaat lain loh, dilansir dari Klikdokter.com dan Manfaat.co.id berikut adalah beberapa manfaat dari yoga:

1. Meningkatkan keseimbangan dan fleksibelitas

2. Mengurangi stress

3. Mengurangi rasa cemas

4. Mengurangi peradangan

5. Meningkatkan Kesehatan jantung

6. Melawan depresi

7. Mengurangi nyeri kronis

8. Meredakan nyeri punggung

9. Meningkatkan kualitas tidur

10. Membantu meningkatkan pernapasan

11. Meredakan migrain

12. Meningkatkan kekuatan tubuh

13. Mengurangi kram perut saat menstruasi

14. Bantu menyembuhkan penyakit lambung

15. Meningkatkan kualitas hidup

16. Meningkatkan Penguasaan emosi

17. Mengembangkan emosi positif

18. Meningkatkan konsentrasi dan daya ingat

19. Melancarkan peredaran darah

20. Mengencangkan otot

21. Mencegah Osteoporosis dan memperkuat tulang

22. Sebagai detoksifikasi

23. Dan lain-lain

Nah itu dia beberapa manfaat dari yoga, sebenarnya masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan tapi itu semua tergantung konsistensi dan jenis yoga yang kita lakukan. Jika ingin memaksimalkan olahraga yoga kita bisa mengikuti kelas yoga dengan ahli atau instruktur yoga yang telah lulus dan bersertifikat. Biasanya kelas yoga ini bisa dilakukan indoor maupun outdoor. Saat yoga outdoor biasnya akan memilih pegunungan atau pantai saat pagi hari agar bisa mendapatkan udara yang fresh yang bisa digunakan untuk meditasi agar pikiran tetap tenang dan bisa terserap energi yang positif.

Dari pengalaman pribadi, mengikuti kelas yoga sangatlah bermanfaat untuk tubuh saya. Saya mengikuti kelas yoga bersama keluarga, jadi yoga bisa dilakukan oleh pria dan wanita. Selama saya mengikuti yoga saya merasakan tubuh menjadi lebih berenergi, bersemangat, tidak gampang lelah, dan menjadi tidak gampang sakit. Karena selama pandemi saya mengikuti kelas yoga dan ternyata memberikan manfaat besar bagi tubuh saya, jadi selama saya di kost saya melakukan yoga sendiri dengan mengikuti arahan youtube dengan me-search sesuai dengan keluhan yang saya alami, contoh “yoga untuk meredakan pusing” maka akan banyak sekali gerakan yang bisa kita tirukan.

Jadi sibuk tidak menjadi alasan untuk tidak hidup sehat dan berolahraga. Sekarang sudah banyak sekali olahraga yang dapat dilakukan di dalam ruangan dengan waktu yang fleksibel jadi tidak perlu jauh-jauh harus pergi ke taman, stadion, atau tempat olahraga yang lain.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image