Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Mahendra Putra G

PPSDM Migas Beri Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Tingkat Operator

Eduaksi | Wednesday, 31 May 2023, 15:20 WIB

Keselamatan dan Kesehatan Kerja di industri migas adalahaspek krusial yang penting untuk diperhatikan oleh semuapelaku industri migas. Industri yang bergerak dalameksplorasi, produksi, dan distribusi minyak dan gas bumimemiliki risiko tinggi yang dapat membahayakan kesehatandan keselamatan kerja para pekerja. Oleh karena itu, perusahaan harus memastikan bahwa sistem keselamatan dan kesehatan kerja diterapkan dengan baik dan diikuti oleh semua pekerja.

Pusat Pengambangan Sumber Daya Minyak dan Gas Bumi(PPSDM Migas) mengadakan Pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Tingkat Operator selama tiga hari pada tanggal 29 Mei 2023 sampai dengan 31 Mei 2023 secaraonline mlalui zoom meeting.

Parnoto, sebagai pembawa materi pelatihan ini menjelaskantentang apa yang perlu dilakukan untuk selalu menjagakeselamatan dan kesehatan saat bekerja.

“Pelatihan ini di diadakan agar semua orang baik pekerjamaupun orang lain yang berada di tempat kerja selalu dalamkondisi sehat dan selamat,” ungkapnya.

Selama tiga hari pelatihan, para peserta mendapatkan materimengenai faktor-faktor dan jenis bahaya saat bekerja, caraagar tetep menjaga keselamatan dan kesehatan saat bekerja, Kerugian akibat kecelakaan, serta penyebab kecelakaan kerja.

Pada kesempatan tersebut ia menambahkan factor atau jenis – jenis bahaya antara lain bahaya biologi seperti adanya virus, jamur atau binatang yang berbahaya. Selanjutnya ada bahayafisik yang berupa ketinggian, adanya ruang terbatas, kebisingan, cahaya, radiasi dan lainnya. Bahaya kimia juga paling banyak ada seperti adanya bahan atau material yang beracun, radioaktif yang mudah terbakar, korosif dan reaktif. Bahaya ergonomic juga ada untuk para pekerja di kantoranseperti Gerakan berulang, postur atau posisi kerja, pengangkutan manual, desain tempat kerja dan mesin. Serta yang terakhir adalah bahaya psikologis karena kelelahan, stress, kekerasan atau pelecehan, pengucilan dan banyak lagilainnya yang menimbulkan munculnya potensi bahaya baikitu fisik dan mental.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image