Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Alvin Arindra

Shinichi Kudo: Si Jenius yang Terperangkap di Tubuh Anak Kecil

Lainnnya | Tuesday, 30 May 2023, 22:10 WIB

Shinichi Kudo merupakan remaja SMA berusia 17 tahun yang terkenal dengan reputasinya sebagai detektif karena berhasil membantu kepolisian menyelesaikan banyak kasus. Namun, karena suatu kejadian, ia berubah menjadi anak kecil dan mengganti identitasnya menjadi Edogawa Conan, seorang anak berusia 7 tahun. Untuk mencari penyebab ia menyusut, Shinichi/Conan melakukan pencarian yang penuh tantangan dan berbahaya.

Detektif Conan sendiri merupakan tokoh fiksi yang dibuat oleh seorang mangaka terkenal bernama Aoyama Yoshiyama atau yang kita kenal dengan nama Aoyama Gosho. Serial ini pertama kali muncul dalam majalah manga Weekly Shōnen Sunday di tahun 1994. Manga ini selanjutnya diadaptasi menjadi serial televisi anime oleh Yomiuri Telecasting Corporation dan TMS Entertainment, yang ditayangkan perdana pada Januari 1996.

MENGENAL LEBIH DEKAT DETEKTIF CONAN

1. Identitas Shinichi Kudo

Shinichi Kudo adalah anak tunggal dari pasangan novelis ternama bernama Yusaku Kudo dan mantan artis terkenal bernama Yukiko Kudo. Ia dikenal sebagai detektif muda paling berpengaruh di Jepang akibat analisisnya yang hebat dan tepat sehingga banyak kasus di kepolisian yang sulit dipecahkan berhasil diselesaikan.

Akibat rasa ingin tahunya yang besar, ia terlibat dengan sindikat kriminal paling mengerikan yang dikenal dengan Black Organization. Hasilnya, Shinichi yang berusia 17 tahun harus menyusut menjadi anak-anak berusia 7 tahun setelah dicekoki obat misterius bernama APTX-4869 dan merubah identitasnya menjadi Conan Edogawa.

2. Dibalik nama Edogawa Conan

Edogawa Conan merupakan karakter buatan yang dibuat oleh Shinichi saat ia terpojok oleh Ran yang tiba-tiba datang ke rumah Profesor Agasa. Shinichi yang gugup lantas cari ide dengan melihat rak buku koleksinya di sepanjang lemari tempat ia bersembunyi.

Nama Conan sendiri diambil dari nama penulis misteri dari Inggris yang menciptakan tokoh Sherlock Holmes bernama Conan Doyle. Sedangkan nama Edogawa diambil dari nama penulis misteri asal Jepang bernama Edogawa Ranpo.

3. Orang Tua Shinichi Kudo/Edogawa Conan

Pasangan Yusaku Kudo dan Yukiko Kudo merupakan orang tua dari Shinichi Kudo. Mereka berdua jarang ada di rumah sehingga kerap meninggalkan Shinichi sendiri. Meski demikian, Shinichi tidak pernah merasa kesepian karena hobinya yang membaca buku dan suka membantu polisi menangani kasus.

Sedangkan Edogawa Conan diceritakan mempunyai orang tua bernama Fumiyo Edogawa yang tiba-tiba muncul di komik Detektif Conan Volume 5. Fumiyo membuat geger Shinichi karena identitas Conan adalah fiksi. Ternyata Fumiyo adalah Yukiko yang menyamar dan ingin memberi kejutan pada anaknya tersebut.

4. Kekasih Shinichi Kudo

Kekasih Shinichi Kudo adalah Ran Mouri. Ran sendiri merupakan teman Shinichi sedari kecil. Ia merupakan gadis berusia 17 tahun dan sekelas dengan Shinichi di SMA Teitan. Ran sudah menjadi kekasih Shinichi sejak mereka masih duduk di bangku SD. Ran sendiri merupakan anak yang terkenal di dunia karate karena berhasil menyabet beberapa juara karate.

5. Teman Edogawa Conan

Conan mau tidak mau harus bergabung dengan anak-anak seusianya di SD Teitan. Awalnya Conan tidak disukai oleh beberapa orang yang akhirnya malah menjadi teman sejatinya. Mereka adalah Ayumi Yoshida, Genta Kojima, dan Mitsuhiko Tsuburaya. Kelima anak itu membuat sebuah grup bernama Detektif Cilik yang diketuai oleh Genta Kojima. Meski mereka punya pemikiran anak kecil, kadang beberapa petunjuk besar didapatkan dari celetukan mereka yang polos.

6. Alasan Ai Haibara mengecil

Ai Haibara merupakan identitas fiktif yang dibuat oleh Profesor Agasa. Sebenarnya Ai bernama Shiho Miyano, seorang ilmuwan yang bekerja untuk Black Organization untuk meneruskan pengembangan obat bernama Silver Bullet yang dulu sempat dibuat oleh kedua orang tuanya.

Kedua orang tuanya tewas yang di klaim sebagai kecelakaan oleh organisasi, dan kakak perempuannya Akemi Miyano juga tewas. Ai yang diberi kode nama Sherry oleh organisasi, akhirnya mengetahui bahwa Akemi tewas dibunuh oleh organisasi. Memberontak, ia ditangkap dan segera meminum APTX-4869 untuk kabur.

7. Kemampuan Shinichi Kudo

Shinichi merupakan anak serba bisa. Selain pintar, jago main sepak bola, dan bermain biola, Shinichi juga menguasai beberapa bahasa asing, seperti Inggris, Jerman dan Italia. Ia juga bisa melempar dart tepat sasaran. Bahkan, Shinichi bisa mengemudikan mobil hingga pesawat terbang.

8. Rival Edogawa Conan

Shinichi Kudo atau Edogawa Conan ternyata memiliki rival yang tak kalah jenius darinya. Rival tersebut adalah Kaito Kid seorang pencuri ulung yang gemar mencari permata di mana saja dan kapan saja. Namun, Kaito dan Conan pernah saling membantu satu sama lain.

9. Menjadi maskot hukum

Saking populernya Shinichi di Jepang sebagai tokoh serial anime misteri, ia menjadi maskot para penegak hukum untuk mengingatkan para masyarakat agar mematuhi hukum yang berlaku di Jepang.

Detektif Conan merupakan tokoh yang sangat teliti, kritis, dan bisa diandalkan. Hal ini ditunjukkan dalam setiap aksinya yang selalu berhasil memecahkan kasus, bahkan kasus yang sulit dipecahkan. Selain itu, ia juga sangat menjaga orang-orang di sekitarnya agar tidak terluka ketika proses investigasi berlangsung.

Keberadaan detektif Conan merupakan salah satu hal yang sangat diharapkan karena kemampuannya dalam menginvestigasi kasus. Tentunya, jika semua detektif kemampuannya setingkat dengan detektif conan, maka banyak kasus yang terpecakan dan tidak memerlukan waktu lama bahkan sampai bertahun-tahun. Namun, harapan hanyalah sebuah harapan tanpa adanya kemauan seseorang berusaha untuk mencapainya. Semoga kedepannya ada seseorang yang setara dengan detektif Conan, sehingga tidak banyak kasus yang harus terbengkalai.

Kreator: Alvin Arindra Hilmi

SUMBER:

https://id.wikipedia.org/wiki/Detektif_Conan

https://bacaterus.com/fakta-detektif-conan/

https://we-xpats.com/id/guide/as/jp/detail/4725/

https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20220617114605-225-810157/sinopsis-detective-conan-anime-legendaris-tentang-dunia-kejahatan

https://duniagames.co.id/discover/article/fakta-shinichi-kudo-conan

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image