Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Noval Kurniadi

Siap-siap! Pameran Pendidikan Islami Terbesar Muslim EduFest 2023 Bakal Segera Digelar Bulan Agustus

Agama | Saturday, 27 May 2023, 01:50 WIB
Konferensi pers Muslim EduFest 2023 (dokpri)

Perkembangan lembaga pendidikan islam di Indonesia terus mengalami peningkatan. Kehadirannya kini tak hanya dapat ditemui di daerah-daerah tertentu saja, namun sudah menjamur ke kota-kota besar.

Kendati terus menunjukkan tren positif, sayangnya sampai sekarang masih banyak masyarakat yang belum memiliki pengetahuan memadai soal lembaga pendidikan islam terbaik di Indonesia. Tidak sedikit di antara mereka khususnya orang tua yang bingung dalam mendaftarkan putra atau putrinya ke lembaga pendidikan Islam sehingga pemanfaatan lembaga pendidikan Islam di tanah air kurang terserap dengan maksimal.

Berangkat dari masalah tersebut, untuk itulah PT Satu Tujuan Event (Satue Events) berkolaborasi dengan Lima Events dan Bina Masyarakat Madani Indonesia (BMMI) menyelenggarakan Muslim Edufest 2023. Ini merupakan bagian dari pameran gaya hidup halal dan islami yakni Muslim LifeFest 2023.

Muslim EduFest 2023 akan berlangsung selama 3 hari dari 25-27 Agustus 2023. Event akbar digelar pada pertengahan tahun agar masyarakat terutama orang tua dapat mempersiapkan pendidikan islami terbaik untuk putra-putrinya secara lebih maksimal demi menyambut tahun ajaran baru 2024/2025. Biasanya, jadwal pendaftaran untuk sekolah islam atau pesantren dimulai dari September hingga Desember 2023.

"Karena untuk sekolah-sekolah tertentu sudah banyak membuka pendaftaranya pada awal September, dan menutup pendaftarannya pada bulan Desember. Orangtua punya kesempatan besar memilih menentukan lembaga pendidikan yang sesuai untuk anaknya,” jelas Ustad Andi Gunawan dari BMMI.

Sebagai pameran pendidikan Islam terbesar, total ada 176 ekshibitor dari berbagai sektor mulai dari lembaga pendidikan nasional dan internasional, buku, perlengkapan sekolah, lembaga keuangan islam, lembaga pemerintahan, konsultan pendidikan bahkan hingga travel . Diperkirakan, sebanyak lebih dari 30 ribu orang yang berasal dari kalangan tenaga pendidik, murid, orang tua dan pengamat pendidikan bakal memadati gelaran ini.

Muslim Edufest 2023 bakal menghadirkan sejumlah lembaga pendidikan Islam terbaik dan ternama dari berbagai daerah, yskni Bintang Pelajar, Insan Cendekia Madani, Al Wildan, Al Andalus, Mahad Aisyah, Aisyah Tahfidz BS, Hidayatullah Depok dan Nurul Fikri.

Tak hanya dalam negeri, pameran ini juga akan menampilkan sejumlah perwakilan dari luar negeri seperti Malaysia, Arab Saudi dan Yordania. Perwakilan Malaysia bahkan dikabarkan akan membangun jejaring di Indonesia karena di negeri jiran tidak ada pameran pendidikan Islam sama sekali.

Muslim EduFest 2023 semakin semarak karena diisi dengan berbagai rangkaian acara menarik. Selain konferensi pendidikan, acaara ini juga mengadakan workshop, informasi beasiswa serta alumni sharing & mentoring. Ada pula kompetisi internasional yang dapat diikuti oleh para siswa.

"Muslim Edufest diharapkan menjadi barometer kemajuan lembaga pendidikan Islam di Indonesia sehingga dapat melahirkan para generasi penerus yang berdaya saing global di masa mendatang." jelas Ustadz Ali Saman, Ketua Bina Masyarakat Madani Indonesia

Dengan potensi pengetahuan dan budaya Islam yang begitu kuat, Muslim EduFest 2023 adalah gerbang bagi Indonesia untuk menjadi pusat peradaban Islam dunia. Hal ini seperti disampaikan Presiden Joko Widodo saat datang dalam peresmian pembangunan Universitas Islam Internasional Indonesia pada 2018 dan menyampaikan optimisme dalam menjalani kehidupan berpolitik sehair-hari.

“Muslim Edufest siap mendukung pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat pendidikan Islam di dunia. Dengan berkolaborasi bersama KPMI dan BMMI, kami berharap Muslim Edufest dapat memberikan ruang bagi masyarakat untuk mengenal pendidikan Islam secara holistik.” jelas Direktur Lima Events, Deddy Andu.(*)

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image