Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Vivi Dwi Cahyanti

Kirab Akbar dalam Rangka Dzikro Haul K.H Abdul Manan Dipomenggolo (Pendiri Pondok Tremas Pacitan)

Agama | Tuesday, 23 May 2023, 11:52 WIB

Sosok simbah k.h abdul manan adalah sosok ulama nusantara yang sangat berjasa bagi perkembangan islam yang ada di Indonesia , salah satunya yaitu pondok pesantren tremas pacitan yang telah didirikan oleh beliau k.h abdul manan pada tahun 1830. Pondok pesantren tremas sendiri menjadi pondok pesantren tertua dan tervavorit di pulau jawa.

Tidak berlebihan juga karena banyak yang mengakui sanad keilmuwan ulama Indonesia banyak di peroleh dari ulama asal pondok pesantren tremas pacitan ini, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Mengutip dari laman pondok tremas, pada saat masih remaja simbah k.h abdul manan belajar kepada gurunya k.h hasan besari di tegalsari, kabupaten ponorogo, berbekal ilmu yang diperolehnya beliau mendirikan masjid dan pesantren yang ada di daerah semanten pacitan.

Setelah berkeluarga engan salah satu putri demang tremas, ia kemudian memindahkan pesantrennya di desa tremas dan jadilah sampai sekarang pondok pesantren tremas pacitan.

KH. Abdul Manan Dipomenggolo memiliki lima orang putra, yakni Kiai Mirah Besari, Kiai Mirah Misbah, Kiai Mirah Ibrahim, Kiai Abdullah, dan Kiai Athoillah. Kelima putranya ini, kelak akan menyebar dan ikut berperan dalam merawat peninggalan KH. Abdul Manan Dipomenggolo, yakni peradaban pesantren.

KH. Abdul Manan Dipomenggolo wafat pada hari Jum’at (minggu pertama) bulan Syawal 1282 H. dan dimakamkan di desa Semanten.

Dalam rangka memperingati dzikro haul k.h abdul manan dipomenggolo yang merupakan pendiri pertama pondok pesantren tremas pacitan, kegiatan haul di awali dengan kirab panji pusaka nagoro dari titik star pondok pesantren tremas yang ada di kecamatan arjosari menuju pesarean agung raden bagus darso dipomenggolo dengan melibatkan TNI-Polri, para santri dari pondok pesantren tremas maupun dari pondok pesantren alfattah kikil arjosari.

Dzikro haul tersebut selain diisi dzikir yang di pimpin oleh gus Nasiin ( dzuriyah kh. Abdul manan dipomenggolo juga diisi dengan manaqul qiam oleh ustadz munawan (SPR pondok tremas pacitan)

Didalam pembukaan sambutan KH. Muad Al Jabar Haris Dimyati (Jenderal Al Fata Ponpes Tremas Pacitan) mengatakan, bahwa kegiatan Kirap Panji Pusaka Nagoro Ponpes Temas Pacitan menuju Mahbaroh KH. Abdul Manan Dipomenggolo dalam rangka Haul ke – 11 Raden Bagus Darso/KH. Abdul Manan Dipomenggolo yang merupakan pendiri pertama Pondok Pesantren Tremas Pacitan.

“Harapannya dengan adanya kegiatan tersebut khususnya keluarga besar Ponpes Tremas Pacitan dan secara umum wilayah Kab. Pacitan mendapat fadilah dari Allah SWT agar terhindar dari bala bencana, sehingga tetap aman dan kondusif”, ujar Jenderal Al-Fata Ponpes Tremas.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya, K.H. Fuad Habib Dimyati (Ketua Yayasan Pondok Tremas Pacitan), KH. Lukman Haris Dimyathi (Ketua Majelis Ma’arif Ponpes Tremas Pacitan), KH. Muad Al Jabar Haris Dimyati (Jenderal Al Fata Ponpes Tremas Pacitan), Gus Nasiin (Dzuriyah KH. Abdul Manan Dipomenggolo), Gus Hamam (Ponpes Alfatah Kikil Arjosari Pacitan), Drs. Haji Nasrudin, MPd. (Ketua Panitia Kirap Panji Pusaka Nagoro Ponpes Tremas Pacitan), Ibu. Sugiyem, A.P, M.Si (Camat Pacitan), Kapten Kav. Dadut Setiyawan ( Danramil 0801/01 Pacitan), AKP Sugeng Rusli (Kapolsek Kota Pacitan), Ipda Fery Ardianti (Kapolsek Arjosari Polres Pacitan), serta para santri Ponpes Tremas dan Ponpes Kikil Arjosari, Pacitan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image