Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image shilvi aulia

Coldplay Konser di Indonesia, Jumlah Pengguna Pinjol Meningkat

Bisnis | Friday, 19 May 2023, 16:14 WIB

Siapa yang tidak tau dengan grup musik rock Inggris dengan vokalis Chris Martin. Ya benar, Coldplay. Coldplay telah menjadi perbincangan di tengah tengah masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Kabarnya Coldplay akan menggelar konser perdananya di Indonesia pada 15 November 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Harga yang dibandrol pun tidak main main.

PK entertainment, selaku promotor telah merilis harga tiket konser Coldplay di laman instagramnya. Mereka telah menyediakan 50 ribu tiket dengan berbagai macam seat. Dengan seat yang paling rendah yaitu Cat 8 (Numbered Seating) dibandrol dengan harga Rp 800.000 dan yang paling tinggi yaitu Ultimate Experience dengan harga 11.000.000.

Penjualan pre-sale tiket konser berlangsung pada hari Rabu, 17 Mei 2023, dan telah ludes terjual. Warganet geram lantaran dari sebagian orang yang telah mendapatkan tiket, malah menjual kembali dengan harga yang sangat fantastis. Misalnya, CAT 3 seharga Rp 3,2 juta dijual kembali seharga Rp 5,5 juta. Bahkan ada yang menjual tiket Ultimate Experience seharga Rp 60 juta.

Dengan harga yang fantastis ini, masyarakat Indonesia berbondong bondong membeli tiket konser tersebut. Belakangan, ramai di media sosial masyarakat mulai mencari pinjaman online (pinjol) demi bisa membeli tiket tersebut.

Menurut kumparanBisnis, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Mahendra Siregar, mengakui permintaan pinjol meningkat jelang konser coldplay tersebut. Ia memastikan pihaknya sedang memperketat aturan agar bisa mencegah risiko adanya korban dari pinjaman online illegal.

OJK telah menghimbau agar masyarakat tidak tergiur dengan penggunaan pinjol illegal untuk membeli tiket konser coldplay. OJK juga menjelaskan ciri-ciri pinjol illegal yang hanya bermodalkan KTP, pemilik dan alamat kantor tidak jelas, penawaran via SMS atau WhatsApp, tidak ada layanan complain, meminta data pribadi, dan tidak ada izin dari OJK.

OJK juga menghimbau kepada masyarakat khususnya anak muda agar tetap menjaga keuangan dengan cara menabung, memanfaatkan promo, dan mencari penghasilan tambahan untuk dapat memenuhi keinginannya.

Tidak ada salahnya jika menggunakan pinjol untuk membeli tiket konser, asalkan siap untuk melunasi tagihannya. Yang salah adalah jika menggunakan pinjol dalam kondisi keuangan yang sedang buruk. Resiko dalam penggunaan pinjol sangatlah besar. Ketika menggunakan pinjol, kita harus bisa menyisihkan penghasilan kita untuk membayar tagihannya. Daripada nonton konser, lebih baik fokus bagaimana kita dapat menghasilkan uang agar bisa menabung secara rutin. Tundalah hal yang bersifat keinginan dan dahulukan yang menjadi sebuah kebutuhan dan kewajiban kita.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image