Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Yudha Hari Wardhana

Reza Pahlevi Taklukkan Dunia Dengan Dua Kekuatan

Edukasi | Friday, 19 May 2023, 14:42 WIB

Sedang galau menatap masa depan? Insecure? Hopless? Pesimis? Merasa tidak mungkin menggapai cita-cita? Merasa punya potensi besar tetapi ragu memberdayakannya karena ditentang orang-orang sekitar?

Kalau seperti itu suasana hatimu saat ini, tenanglah. Kamu tidak sendirian, Bro! Ada banyak anak muda lainnya yang juga pernah merasakan hal serupa. Bahkan, seorang Reza Pahlevi juga pernah mengalaminya. Nggak nyangka kan?

Selama ini pemilik nama lengkap Mohamad Reza Pahlevi itu dikenal sebagai social influencer, motivator dan founder dari platform Generasi Smart Indonesia dan Beasiswa Anak Bangsa. Dua platform yang dibuat untuk mensupport upaya pengembangan potensi generasi muda Indonesia.

Unbelievable memang. Tetapi itulah perputaran roda kehidupan. Siapa sangka Reza Pahlevi yang sekarang dikenal jago menginfluence, memotivasi, dan mensupport anak-anak muda generasi zillennial, dulunya adalah pemuda insecure?

Menurut pengakuannya, pendirian kedua platform tersebut tidak bisa dilepaskan dari perjalanan hidupnya sendiri. Secara singkat Reza Pahlevi mengatakan bahwa dulu dia merasa insecure gara-gara kurang mendapat support untuk menemukan dan menumbuhkan potensi terbaiknya.

Namun seiring dengan proses yang dijalaninya, akhirnya Reza Pahlevi bisa mendapatkan teman-teman sefrekuensi untuk saling memberi dukungan dalam mencapai kesuksesan. Pengalamannya itulah yang membuatnya ingin memotivasi mereka yang juga memiliki perasaan sama sepertinya dulu.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan setiap orang untuk menyampaikan pesan inspiratif. Seorang seperti Reza Pahlevi yang juga mempunyai jiwa dan kemampuan berkesenian akan menjadikan seni untuk membangkitkan motivasi.

Kalau kamu adalah anak muda zillennial yang sudah menjadi followers instagram dan subscribers kalan YouTube Reza Pahlevi, pastinya sudah akrab banget dengan karya ciptanya berjudul Taklukkan Dunia.

Kalau mencermati lirik lagu tersebut, tampak jelas Reza Pahlevi berupaya menyampaikan pesan untuk bangkit dari pesimisme, melawan perasaan insecure, dan “menaklukkan dunia” yang berarti meraih semua impian. Berikut ini lirik lagu tersebut:

Sambut kilau sinar dipagi hari

Teguhkan Hati

Bersama sama kita lalui untuk

Meraih mimpi

Genggam erat jabat tanganku kawan

Jangan kau lepaskan

Meski badai datang tetap menerjang

Tak boleh menyerah tetap berjuang

Semua ini bisa diperjuangkan

Asal kita mau berusaha

Kan ku raih bintang terang dengan kekuatan

Persahabatan kita taklukkan dunia

satu kita lawan semua rintangan di depan mata ayo semangat kawan

Kita Taklukkan dunia

Kalau disimak dan direnungkan lirik lagu tersebut dari awal sampai akhir, sepertinya Reza Pahlevi ingin menginjeksikan keyakinan bahwa tidak ada alasan untuk merasa insecure. Melalui “Taklukkan Dunia”, Reza Pahlevi ingin membangkitkan keyakinan bahwa sukses adalah hak siapa saja yang mau menguatkan tekad untuk meraihnya.

Melalui lagu tersebut, Reza Pahlevi sepertinya ingin menghancurkan keyakinan yang salah (the false belief), seperti meyakini kesuksesan ditentukan oleh faktor genetika, faktor adanya kekuatan orang dalam, faktor zodiac ataupun shio dan keyakinan salah lainnya.

Pada awal lagu jelas tertulis bahwa kunci sukses pertama adalah keteguhan hati yang mencerminkan keyakinan bahwa Kemahakuasaan Allah melebihi batas-batas logika manusia. Keteguhan hati juga bisa dimaknai sebagai bentuk kesungguh-sungguhan dan kesabaran manusia dalam upayanya meraih kesuksesan.

Keteguhan hati adalah modal sangat penting bagi setiap pemburu kesuksesan. Sangat mungkin, kesuksesan itu harus dilalui melalui perjalanan yang tidak seinstan mie instan, penuh kesulitan, banyak masalah dan rintangan di sekelilingnya.

Tanpa keteguhan hati, orang akan memilih give up, mundur dari perjalanan hingga tak pernah bisa meraih kesuksesan yang diimpikan. Maka benarlah kata pepatah bahasa Arab yang mengatakan: Man Jadda wajada, man shabara zhafira. Artinya: barangsiapa bersungguh-sungguh akan mencapai tujuannya, barangsiapa yang bersabar akan berjaya.

Tetapi perlu digaris bawahi, sabar disini bukan sikap pasif dan pasrah menerima nasib. Sabar yang diinginkan adalah sikap aktif tegar berikhtiar dan berdoa namun tetap di jalan yang Allah ridhai, meski sesulit apapun rintangannya. Sikap seperti inilah yang harus ditunjukkan survival sejati.

Selain kekuatan hati sendiri, untuk bisa berjuang meraih sukses, tak jarang manusia butuh teman-teman sefrekuensi, satu visi, satu semangat. Adanya teman-teman seperti itu bisa menjadi booster saat semangat dan motivasi mengalami penurunan. Teman-teman seperti itu sangat dibutuhkan untuk saling support, saling menguatkan.

Memang, tidak semua teman bisa menjadi teman baik dalam perjalanan menuju kesuksesan. Teman yang jadi toxic juga banyak. Teman model inilah yang bisa meruntuhkan semangat juang, menumbuhkan ketidakpercayaan terhadap potensi diri.

Menurut pesan Reza Pahlevi melalui karya ciptanya itu, kombinasi kekuatan hati dan persahabatan itulah yang harus diyakini akan bisa mengantarkan siapapun untuk menghancurkan perasaan pesimis, insecure dan pada akhirnya mampu menaklukkan dunia, bertransformasi from nobody to somebody.

Perjalanan hidup Reza Pahlevi telah membuktikan bahwa imposible is nothing. Success is our right, So, always optimistic.

Reza Pahlevi, from nobody to somebody. Sumber: instagram

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image