Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa UAD Juara III Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

Edukasi | Wednesday, 10 May 2023, 08:38 WIB
Tim Prodi BK Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Raih Juara III Lomba KTI Tingkat Nasional (Foto: Istimewa)

Tim mahasiswa Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) angkatan 2020 yang terdiri atas Diki Herdiansyah dan Nurul Hanifah Puteri berhasil meraih juara III lomba Counseling Week Season 7 bidang cabang Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat Nasional (LKTIN). Lomba yang bertajuk “Mental Health Awareness for Gen Z in Era Society 5.0” ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi (HMPS) BK Universitas Nusantara PGRI Kediri pada 8 April 2023 secara daring.

Lomba diikuti oleh mahasiswa dari seluruh Indonesia seperti Universitas Negeri Malang, Universitas Gadjah Mada, Universitas Dr. Soebandi Jember, Universitas Islam Negeri K.H. Achmad Siddiq Jember, dan lainnya.

Hanifah menjelaskan motivasinya mengikuti lomba tersebut. “Saya tertarik untuk mencoba karena dalam lomba ini banyak hal-hal baru yang membuat saya banyak belajar dan mengerti dalam menulis karya ilmiah.”

Lebih lanjut, secara teknis, ia menceritakan pengalamannya mengikuti lomba. “Perlombaan dilaksanakan secara daring, dengan tahapan seleksi mengirimkan karya terlebih dahulu kemudian pengumuman finalis 5 besar dan presentasi karya melalui Zoom Meeting, dilanjut sesi tanya jawab bersama dewan juri.”

“Persiapan lomba kurang lebih hanya sepekan yang didampingi oleh dosen pembimbing kami, Rohmatus Naini, M.Pd. Secara intens, ia mendampingi kami dengan luar biasa. Kami mengambil topik wellness sebagai paradigma sehat holistik pada remaja,” tambahnya.

Ini adalah kali pertama Hanifah mengikuti lomba karya tulis sehingga merasa gugup, terutama saat presentasi di babak final. “Banyak hal yang perlu kami perbaiki, dengan adanya dukungan dari dosen pembimbing kami, kekhawatiran dan rasa gugup sedikit terobati. Itulah yang membuat kami bisa menyelesaikan karya tulis dan meraih juara ini.”

Setelah berhasil memenangkan lomba, Hanifah merasa bersyukur dan tidak menyangka akan mendapatkan prestasi membanggakan tersebut. “Pastinya di tahapan 5 besar isinya orang-orang yang keren dalam penelitian mereka, apalagi ini lomba akademik pertama kami. Awalnya tidak percaya diri, akhirnya bersyukur,” jelasnya.

Ia berpesan, “Jangan pernah takut untuk mencoba hal baru dalam hidup ini selagi kita masih diberikan kesempatan, masih ada waktu untuk bertualang lebih jauh di dunia perkuliahan. Semoga kita bisa menghasilkan karya-karya lain di even selanjutnya dan bisa meraih prestasi yang lebih lagi nanti.” (roy)

uad.ac.id

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image