Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Ruqyah Kuningan

Mengenal Proxy Server dan Cara Kerjanya, Yuk Simak

Teknologi | Monday, 08 May 2023, 20:59 WIB

Ketika perangkat telepon seluler, komputer, tablet, dan laptop terhubung dengan internet, terdapat banyak risiko yang harus dihadapi. Tidak mengherankan bahwa pengguna internet selalu mewaspadai bahaya yang mungkin timbul dari koneksi tersebut.

Terutama jika seseorang tidak menggunakan proxy saat mengakses internet. Apakah Anda mengetahui apa itu proxy? Mari kita bahas mengenai server proxy, jenis-jenisnya, serta cara untuk memperolehnya. Tanpa perlindungan dari proxy server, alamat IP Anda dapat terlihat dengan jelas seperti yang dilansir copaster.com

Ketika terhubung dengan internet, sebaiknya menyembunyikan alamat IP. Hal ini dikarenakan melalui alamat IP perangkat Anda, seseorang dapat memanfaatkannya untuk tujuan yang tidak baik.

Contohnya, seperti menyebarkan virus malware dan mengambil data pribadi kita. Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada Anda, disarankan untuk menggunakan proxy sebagai jembatan transmisi antara perangkat dan jaringan internet.

Apa Itu Proxy Server?

Server proxy merupakan perangkat keras atau komputer yang digunakan untuk menyediakan berbagai layanan proxy yang dibutuhkan oleh pengguna. Sementara itu, proxy adalah sistem yang melindungi alamat IP pengguna saat melakukan aktivitas online.

Dengan adanya perlindungan dari proxy, apabila ada seseorang yang mencoba melacak data Anda, maka data yang ditampilkan akan menjadi data palsu yang dibuat oleh server proxy. Mudah untuk menemukan layanan server proxy, mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Lalu Bagaimana Proxy Server Bekerja?

Tugas utama dari server proxy adalah untuk meneruskan lalu lintas pengguna menuju situs web yang ingin dikunjungi. Apabila masih bingung, berikut penjelasan yang lebih mudah dipahami.

Dalam kondisi normal, ketika Anda mengetikkan alamat situs web (seperti https://www.bojoku-ayu.net/ atau yang lainnya), server yang dimiliki oleh penyedia layanan internet (ISP) Anda akan memproses perintah Anda untuk mengunjungi situs tersebut dan menampilkannya pada layar perangkat yang digunakan.

Namun, kondisi menjadi berbeda ketika menggunakan proxy. Server ISP yang Anda gunakan akan terhubung terlebih dahulu ke server proxy. Kemudian, server proxy akan meneruskan permintaan Anda ke alamat situs web yang Anda inginkan. Metode ini membuat alamat IP asli Anda tidak terdeteksi oleh situs web karena yang digunakan adalah alamat IP dari server proxy.

4 Jenis Proxy Server dan Fungsinya

Perlu diketahui bahwa terdapat berbagai jenis proxy yang memiliki fungsi yang berbeda-beda dan tidak hanya digunakan untuk melindungi saat mengakses situs web. Terdapat empat jenis proxy yang perlu diketahui, yaitu:

1. Proxy HTTP

Jenis proxy ini umum digunakan untuk mengakses situs web. Proxy HTTP mampu mempercepat kecepatan browsing karena melakukan cache dari situs web yang sering dikunjungi pengguna. Dalam beberapa kasus, proxy HTTP juga dapat digunakan untuk mengakses situs web yang terblokir.

2. Proxy HTTPS

Sama seperti proxy HTTP, proxy HTTPS juga digunakan untuk mengakses situs web. Namun, perbedaannya terletak pada penggunaan protokol HTTPS yang membuat koneksi internet menjadi lebih aman.

3. Proxy SOCKS

Proxy SOCKS dapat digunakan untuk semua jenis protokol yang ada di dalam jaringan internet. Jenis proxy ini sering digunakan untuk mengakses konten yang diblokir atau situs web yang hanya dapat diakses dari suatu negara tertentu.

4. Proxy FTP

Proxy FTP digunakan untuk mengakses file pada server FTP. Jenis proxy ini dapat digunakan untuk mempercepat koneksi dan mengamankan transfer file antara server FTP dan perangkat pengguna.

Kenapa Proxy Server Masih Dapat Digunakan?

Perlu dipahami bahwa terdapat berbagai alasan yang dapat menjadi pertimbangan mengapa sebaiknya menggunakan proxy sebagai perantara saat mengakses jaringan internet. Salah satu alasan penting adalah adanya pembatasan akses dari internet service provider yang dapat mencegah Anda mengunjungi situs web dari negara atau alamat IP tertentu.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa pengguna internet menggunakan proxy:

- Melindungi privasi dan keamanan saat browsing internet.

- Membuka akses ke situs atau konten yang diblokir oleh ISP atau negara tertentu.

- Mengurangi beban server dan meningkatkan kecepatan browsing dengan melakukan caching.

- Mengontrol akses internet di dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

- Menyediakan anonimitas saat melakukan aktivitas online.

- Menghindari pembatasan geografis dalam mengakses konten.

- Menjaga keamanan jaringan dari serangan luar.

- Melakukan pengecekan dan filtering terhadap konten yang diakses oleh pengguna.


Demikianlah ulasan Mengenai Proxy Server dan Cara Kerjanya. Diharapkan dengan memahami konsep proxy server ini, Anda dapat lebih memahami cara melindungi diri saat berselancar di dunia maya. Untuk informasi lebih lanjut anda dapat mengunjungi copaster.com, Terimakasih.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image