Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Literasi Indonesia

Menghiasi Bulan Suci dengan Kegiatan Pondok Ramadan Sekolah

Agama | Sunday, 16 Apr 2023, 20:02 WIB
kegiatan tadarus alam bersama

Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang selalu dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia. Di SMPN 1 Krembung, kegiatan Pondok Ramadan menjadi salah satu cara untuk menyambut bulan suci. Kegiatan ini diselenggarakan oleh pihak sekolah yang dibantu oleh banyak pihak yang saling bekerja sama.

Pondok Ramadhan yang dilaksanakan di SMPN 1 Krembung ini, bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang ajaran Islam serta meningkatkan keimanan dan ketakwaan para siswa. Dari kegiatan ini juga diharapkan dapat membentuk karakter positif dan meningkatnya rasa persatuan serta rasa kebersamaan antar siswa.

Kegiatan pondok Ramadan ini diikuti oleh seluruh siswa dan guru di SMPN 1 Krembung yang beragama muslim. Kegiatan ini dilaksanakan pukul 09.00-18.00 dan berlangsung selama 3 hari dengan jadwal kelas 7 pada tanggal 13 April, kelas 8 pada tanggal 14 April, dan terakhir kelas 9 pada tanggal 15 April.

Kegiatan ini diawali dengan kedatangan para siswa pukul 09.00. Dilanjutkan dengan kegiatan shalat Dhuha dan membaca surah Yasin yang dipimpin oleh 2 siswa. Setelah kegiatan tersebut selesai, semua siswa diminta untuk memasuki ruang kelas sesuai dengan pembagiannya untuk menyimak materi dan mengerjakan tugas yang telah diberikan. Materi yang disampaikan, yaitu Haid, Berdzikir, dan Tata Cara Penghormatan Terkahir untuk Jenazah. Setelah materi dan pengerjaan tugas selesai, seluruh siswa berkumpul kembali di masjid untuk melaksanakan sholat Dzuhur dan setelah itu semua siswa diberikan waktu untuk beristirahat.

Setelah jam istirahat berakhir, siswa bergegas untuk melaksanakan tadarus Al-Qur’an yang dilanjutkan dengan shalat Asar. Acara selanjutnya, yakni kajian kitab yang disamapaikan oleh Ustaz Hamid Afif. Pada kegiatan ini semua siswa diberikan tambahan wawasan mengenai Puasa hingga menjelang waktu berbuka.

Setelah Azan berkumandang, semua siswa membatalkan puasanya dengan minum air putih dan dilanjutkan dengan shalat Maghrib. Untuk siswa putri yang berhalangan, mereka menyiapkan menu berbuka puasa di aula tengah. Akhirnya puncak dari acara yang ditunggu yaitu berbuka bersama.

Acara buka bersama di aula tengah ini berlangsung dengan sangat seru dan ramai. Banyak canda tawa hingga suara berebut makanan. “Seru, momen yang sangat jarang bisa berkumpul 1 kelas dengan lengkap bahkan 1 angkatan,” ujar Friza salah satu siswa kelas 97.

Acara demi acara berlangsung sangat luar biasa, banyak cerita tersendiri di dalamnya. Acara pondok Ramadan ini diakhiri dengan kebahagiaan yang tercermin dari senyum dan gelak tawa dari para siswa.

Penulis: Nuri Maulidiah Az-Zahra, Kelas 97 SMPN 1 Krembung

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image