Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Fakultas Sains dan Teknologi

Keseruan Belajar Sambil Bermain di Kampung Matematika

Edukasi | Monday, 27 Mar 2023, 10:15 WIB

Kampung matematika ini berlokasi di Dukuh Pakis RT 05 RW 01 Surabaya. Kampung dicetuskan oleh Novia Ariyanti dan tim pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Sidoarjo tahun kemarin. Kampung matematika ini didirikan awalnya dengan tujuan meningkatkan motivasi anak dalam belajar matematika yang menyenangkan pada saat pandemi Covid 19. Tahun ini Kampung Matematika lebih diharapkan mampu menjadi salah satu tujuan wisata edukasi di Surabaya. Untuk saat ini masih belum dibuka untuk umum hanya diperuntukkan untuk warga lingkungan sekitar. Adapun tim pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Sidoarjo tahun ini adalah Novia Ariyanti, S.Si., M.Pd., Nuril Lutvi azizah ,S.Si., M.Si., dan Fitri Nur Latifah, S.E., M.E.Sy.

foto bersama anak-anak yang mengikuti kegiatan abdimas

Untuk mewujudkan Kampung Matematika ada dua kegiatan yang dilakukan yaitu persiapan dan pelaksanaan kegiatan. Persiapan dilakukan pada tanggal 12 Maret 2023 yaitu kerja bakti warga sekitar untuk menghias kampung sesuai dengan tema matematika. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 19 Maret 2023. Dalam pelaksanaannya anak-anak sekitar Kampung Matematika yang mayoritas SD berjumlah sekitar 15 anak, diajak untuk belajar sambil bermain matematika. Permainan matematika yang dimainkan adalah ular tangga, dakon, karambol, menyusun manik-manik, menyusun balok, tangram dan lain-lain. Anak-anak sangat antusias dan senang belajar sambil bermain matematika.

foto kegiatan seorang anak yang bermain sambil belajar matematika

Menurut ketua tim yaitu Novia Ariyanti yang merupakan dosen dari Fakultas Sains dan Teknologi Umsida, mengharapkan dengan kegiatan ini dengan menciptakan suasana belajar matematika yang menyenangkan diharapkan nantinya mereka dapat mudah memahami matematika dan tidak lagi menganggap matematika sebagai momok.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image