Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Raihan Tri Syawal

Tingkatkan Perekonomian, Pemerintah Kecamatan Megamendung Maksimalkan Pemasaran Produk UMKM

UMKM | Sunday, 12 Mar 2023, 22:12 WIB

Bogor, 27 Februari 2023 - Perekonomian di Kecamatan Megamendung didorong oleh banyaknya UMKM yang berjalan, UMKM yang ada di Kecamatan Megamendung menjadi potensi yang harus terus ditingkatkan dan dikembangkan.

Foto di Kecamatan Megamendung

Terdapat kurang lebih sebanyak 60 UMKM yang terdata di Kecamatan Megamendung dan masih bergerak sampai saat ini.

Beragam jenis UMKM yang ada di Kecamatan Megamendung mulai dari perlengkapan pakaian seperti kaos kaki, sepatu, sampai kebutuhan asupan seperti madu, peralatan rumah seperti tempat tisu yang memanfaatkan pelepah daun pisang sebagai bahan bakunya, dan lain sebagainya.

Beberapa UMKM yang unggul menurut data yang diberikan dari Kecamatan Megamendung yaitu ada UMKM Metagoni yang memanfaatkan karung goni, dan beberapa kerajinan lainnya. Salah satu UMKM yang ada di Megamendung yaitu UMKM Kaos Kaki Sampean menjadi UMKM yang lolos sebagai official merchandise Sirkuit Mandalika. Hal tersebut menjadi sebuah kebanggaan tersendiri untuk Kabupaten Bogor, khususnya Kecamatan Megamendung, karena menjadi alasan untuk terus mendongkrak kemajuan UMKM yang ada agar membantu perekonomian Kecamatan Megamendung.

Salah satu hal yang dilakukan Kecamatan Megamendung untuk membantu para pemilik UMKM yaitu seperti himbauan atau perintah untuk para pemilik UMKM memperhatikan sentuhan pemasaran seperti label dan melakukan kolaborasi atau kerjasama dengan beberapa pihak hotel yang ada di Kecamatan Megamendung.

Menurut Sekretaris Camat dari Kecamatan Megamendung, hal tersebut dapat membantu produk dari UMKM agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

“Kami dari Kecamatan Megamendung khususnya saya sebagai sekretaris camat, sudah terus memberikan saran dan dorongan untuk para pemilik UMKM perlunya sentuhan pemasaran, terkait label, dan bisa bekerjasama atau berkolaborasi dengan beberapa pihak hotel yang ada di Kecamatan Megamendung.” papar Tri Subiyati selaku Sekretaris Camat di Kecamatan Megamendung.

Selain memberikan saran dan himbauan, Kecamatan Megamendung juga sudah menghadirkan dinas koperasi UMKM untuk pendampingan terkait izin halal dan label untuk mendongkrak kemajuan UMKM yang ada di Kecamatan Megamendung.

Pemerintah sudah melakukan banyak hal dalam membantu pengembangan UMKM khususnya yang ada di Kecamatan Megamendung, salah satunya adalah KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Selain itu terkait bantuan anggaran terhadap label dan terkait izin halal. Hal tersebut bisa dijadikan dorongan untuk para pelaku UMKM agar tidak lagi meragukan dan memanfaatkan potensi serta kesempatan yang ada untuk memajukan UMKM, khususnya untuk di Kecamatan Megamendung.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image