Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Dr. Abu Fayadh Muhammad Faisal, M.Pd

Keutamaan Mengajari Orang Lain dan Mengajaknya Kepada Kebaikan

Khazanah | Friday, 17 Feb 2023, 06:30 WIB
TPQ Al Falah RW 15 Bekasi Permai

*Keutamaan Mengajari Orang Lain dan Mengajaknya Kepada Kebaikan*

Bekasi City, RetizenRepublika, Jawa Barat, Alloh ﷻ berfirman dalam (suroh Ali-Imron:10) yang artinya:

*"Kamu (Umat Islam) adalah umat terbaik yg dilahirkan untuk manusia,(karena kamu) menyuruh (berbuat) yang Makruf,dan mencegah dari yang Munkar".*

Dalam Hadits yang diriwayatkan oleh abu Mas'ud; ugbah bin Amir Al-Anshari Radhiyallohu' Anhum, ia berkata bahwa Rasululloh ﷺ bersabda:

من دل على خير فله مثل اجر فاعله

"Barang siapa menunjukkan kepada kebaikan,maka baginya pahala yang sama dengan orang yang mengajarkan kebaikan itu". (HR. Muslim).

Dari pemaparan hadits di atas dapat kita simpulkan beberapa poin, diantaranya:

1. Mengajarkan kebaikan kepada manusia termasuk amalan para nabi.

2. Keutamaan Mengajarkan kepada manusia ilmu-ilmu agama, Sebab barang siapa mengajarkan suatu ilmu atau menyeru kepada petunjuk, maka baginya pahala yang sama dengan orang-orang yang mengamalkan ilmu itu.

3. Besarnya pahala orang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia, Sebab Alloh ﷻ akan memberikan pujian kepadanya serta penduduk langit dan bumi akan memintakan ampunan untuknya.Hal ini dikarenakan akan diperolehnya kebaikan dimuka bumi lantaran tersebarnya ilmu.

4. Keutamaan berdakwah mengajak untuk kembali kepada Alloh dan Amar Makruf nahi Mungkar.

???? Semoga kita semua diberikan Hidayah, pertolongan serta kekuatan oleh Alloh ﷻ untuk melaksanakan segala apa-apa yang telah di perintahkan nya, juga di berikan kekuatan untuk menjauhi dari semua larangan-nya sehingga kita semua menjadi hamba-hamba-Nya yang Sholeh امين ????. Salam Dakwah, Semoga Bermanfaat, Barokallohu fiikum.

Hasbunalloh Wani'mal Wakil Ni'mal Maula Wani'man Natsir

Salam Ahadun Ahad ☝️ Allohu Akbar ✊ Isy Kariman Aw Mut Syahidan

*Ats- Tsulaatsa'* (*Selasa*)

*???? 23 Rajab 1444 H*

( *???? 14 Februari 2023 M* )

والله اعلم

الفقير برحمة ربه

- *Al Ustadz Abu Arfah Rhoni Priatna* حفظه اللّٰه تعالى (أبى ارفع)

(Seksi Bidang Pengembangan Organisasi dan Kerjasama Antar Lembaga ICMI/Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia Orsat Bekasi Timur, Pengajar TPA Al Falah RW 15 Bekasi Permai Kota Bekasi)

Muroja'ah/Dikoreksi Oleh;

- *Dr. Abu Fayadh Muhammad Faisal Al Jawy al-Bantani, S.Pd, M.Pd, I, M.MPd* حفظه اللّٰه تعالى

(Ketua ICMI/Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia Orsat Bekasi Timur, Kota Bekasi, Aktivis Pendidikan dan Kemanusiaan, Praktisi PAUDNI/Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal dan Informal, Aktivis Anti Pemurtadan dan Aliran Sesat, S3 Dr PAUD UPI/Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung-Jawa Barat)

- *Dr. Muhammad Ubaidilah Al Ghifari Slamet, Lc, MA* حفظه اللّٰه تعالى

(Seksi Hubungan Internasional, Politik dan Hukum ICMI/Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia Orsat Bekasi Timur, Dosen IIQ/Institut Ilmu Al Qur'an Jakarta, Alumnus Dauroh Masyayikh di Jeddah Saudi Arabia, S3 Dr UIKA/Universitas Ibnu Khaldun, Bogor, Jawa Barat)

# Ayo Mengaji

# kajian Ahad Shubuh

# TPQ Al Falah Permai RW 15

*Raih Amal Sholeh...!!!, Sebarkan informasi ini sebanyak mungkin, SYUKRON*

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image